MotoGP 2022: GasGas Jadi Pabrikan Terbaru di MotoGP, Pol Espargaro Tanpa Fasilitas Konsesi

Sabtu, 20/08/2022 11:55 WIB

mobilinanews (Austria) - Musim depan bertambah lagi satu tim pabrikan di MotoGP dengan munculnya GasGas Factory Team, pabrikan motor Spanyol yang selama ini dikenal luas di ajang balap offroad. Tapi, jangan duga kalau mesinnya juga buatan GasGas. Tim ini hanya pakai `kulit` baru di MotoGP,Bukan asli pabrikan anyar.

Sesungguhnya GasGas hanya pakai nama untuk branding di MotoGP. Pabrikan yang berinduk kepada KTM itu menjadi tim pabrikan dengan `meminjam` tim Tech3 milik Herve Poncharal yang selama ini menjadi tim satelit KTM di MotoGP. Mesin yang digunakan bukan produksi GasGas, tapi sepenuhnya made in KTM. Semuanya persis dengan RC16 yang digunakan para pembalap pabrikan KTM.

Karena hal itu pula tim GasGas yang sudah merekrut Pol Espargaro jadi pembalap utama ini nantinya tak punya hak konsesi yang lazimnya diterima tim pabrikan baru atau tim yang belum pernah rasakan podium kelas primer. Oleh sebab pakai RC16 itu pula Pol antusias menyongsong musim depan. Pasalnya, ia adalah salah satu pembalap yang punya peran mengembangkan RC16 saat bernaung di tim Tech3 dan pabrikan KTM sebelum pindah ke Repsol Honda pada 2021.

"Saya sudah sangat kenal motor ini, Saya senang karena yang saya dapatkan persis sama dengan motor tim pabrikan KTM," kata Pol yang harus balik kandang lantaran terus menderita di tim Repsol Honda.

Hak konsesi itu memberi ruang pengembangan, tes dan jumlah mesin yang lebih longgar dibandingkan pabrikan lain. Aprilia adalah tim pabrikan terakhir yang menerima hak konsesi itu. Hak ini akan hangus musim depan berkat kemenangan yang tahun ini sudah diraih Aleix Espargaro (bukan wet race) di GP Argentina. Tim Italia itu juga sudah cicipi beberapa podium. Tadinya operasional Aprilia juga dijalankan tim di luar pabrik, yakni Gresini. 

"Ya, sesuai regulasi maka GasGas tak mendapat jatah konsesi. Karena mereka menggunakan mesin yang persis sama dengan mesin tim pabrikan KTM. GasGas hanya branding mereknya di atas motor yang sesungguhnya KTM," jelas  Race Director MotoGP Mike Webb lewat rekaman video di MotoGP.com.

Masuknya GasGas adalah proyek jangka panjang KTM di ajang road race. Manajemen tim ini satu atap di bawah KTM Motorsport yang dipimpin Pit Beirer. (rnp)

 

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman