F1 2022: Daniel Ricciardo Resmi Pisah Dengan McLaren, 2 Tim Ini Disebut Siap Menampung

Rabu, 24/08/2022 23:52 WIB

mobilinanews (Inggris) - Akhirnya McLaren dan Daniel Ricciardo resmi berpisah setelah jalani proses berliku beberapa bulan terakhir. Lewat press release pada Rabu (24-8-2022) kedua pihak mengumumkan perceraian di tengah jalan itu dengan damai.

Hal tersebut menjadi masalah karena mclaren ingin memutus kontrak Ricciardo di tengah jalan. Kontrak resmi seharusnya berlangsung hingga akhir musim 2023, tapi McLaren yang tak puas melihat kinerja pembalap Australia itu ingin mengakhiri kontrak pada akhir musim 2022.

Ricciardo yang bersikukuh dengan durasi kontraknya pun minta ganti rugi yang disebut senilai 21 juta USD.

"Kedua pihak telah sepakat mengakhiri kerjasama lebih awal. Kami akan mengumumkan pengganti Daniel sesegera mungkin," bunyi rilis tim Mclaren tanpa menyebut bentuk kesepakatan itu apakah dengan ganti rugi senilai tuntutan Ricciardo atau tidak.

Pengganti Ricciardo di dalam tim elit F1asal Inggris itu memang belum diumumkan secara resmi. Namun, pembalap Australia lainnya dikabarkan akan mengambil alih kursi Ricciardo.

Tak lain adalah Oscar Piastri yang tahun ini tercatat sebagai pembalap cadangan sekaligus test driver tim Alpine.

Juara dunia F2 2021 itu sebelumnya dengan mengejutkan menolak jadi pembalap Alpine 2023 untuk menggantikan Fernando Alonso yang hengkang ke tim Aston Martin menggantikan Sebastian Vettel.

Diputus oleh McLaren, Ricciardo belum punya tim yang pasti menampungnya pada musim 2023. Eks pembalap tim Red Bull dan Renault (kini berganti nama jadi Alpine) itu berjanji akan mengumumkan masa depannya sendiri.

"Saya akan berpisah dengan McLaren di akhir musim 2022. Saya akan umumkan rencana berikut pda waktu yang tepat. Saya tidak menyesal, justru bangga dengan keberadaan saya di McLaren dalam dua tahun terakhir. Saya bangga dengan kemenangan di Monza (GP Italia) yang tahun lalu saya raih," kata pembalap berusia 33 tahun itu.

Sepertinya Ricciardo masih akan tetap di grid F1 tahun depan. Dalam sebulan terakhir namanya santer disebut kembali ke tim Renault (Alpine), mengisi kekosongan sepeninggal Alonso yangditolak oleh Puastri. Isu ini berkembang di media, namun sejauh ini sama sekali belum dikonfirmasi pihak Alpine maupun Ricciardo.

Belakangan tim asal AS, Haas, juga disebut kepincut menggunakan jasa bekas musuh besar Max Verstappen semasa di Red Bull itu. Ia disebut-sebut akan menggantikan Mick Schumacher pada musim 2023.

Isu ini membuat putra pembalap legendaris Michael Schumacher itu terancam tak punya tempat tahun depan karena hampir semua kursi tim sudah penuh terisi. (rnp)

 

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas