Touring Muslim Biker Indonesia, Eksplorasi Alam dan Wisata Sambil Belajar Agama

Kamis, 01/09/2022 18:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Para bikers yang melebur dalam Muslim Biker Indonesia (MBI) melakukan touring marathon bertajuk `Journey to Jannah` dengan rute Jakarta ke Bali selama 7 hari, sejak 26 Agustus hingga 1 September 2022.

Touring ini merupakan petualangan yang lengkap dengan tujuan mengeksplorasi lingkungan, budaya, wisata, juga ekonomi, sekaligus mempertebal keimanan para bikers menyelami keindahan dan keragaman yang diberikan sang pencipta.

Perjalanan ini mendapatkan dukungan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno. Ia menyatakan sejauh ini anak motor telah memberikan kontribusi yang besar dalam kebangkitan sektor wisata dan ekonomi kreatif dalam ekplorasi mereka.

"Saya berharap event-event seperti ini dapat menebar harapan dan semangat yang dapat menjadi momentum kebangkitan sektor wisata dan ekonomi kreatif. Saya ucapkan hati-hati di jalan, ustaz Subhan dan rekan-rekan semua," kata Sandiaga uno yang disampaikan melalui akun Instagram MBI.

Untuk J2J kali ketiga ini, mengambil start dari Jakarta dengan tujuan pertama adalah Cirebon, Semarang, Madiun, Lamongan, Malang, Banyuwangi, dan finish di Denpasar, Bali.

MBI lahir untuk memfasilitasi biker yang merindukan kedekatan dengan Allah Azza wa Jalla sebagai Tuhan yang satu-satunya berhak disembah dan menafikan ada yang lain untuk disembah.

Agar tetap terarah dan memiliki dasar ilmu yang dipelajari ditetapkan Ustadz Subhan Bawazier hafidzahullah sebagai pembina dari wadah perkumpulan biker yang sedang belajar dan mengamalkan ilmu agama tersebut. Adapun setiap chapter yang tersebar di Indonesia didampingi juga oleh ustaz di kota masing-masing sebagai penasehat.

Selama J2J berlangsung, 20 peserta aktif mengikuti kajian ilmiah di kota-kota yang dilalui bersama warga setempat dan chapter MBI. Pembelajaran tersebut mulai dari Cirebon hingga di Bali. Tidak hanya di masjid, belajar pun dilakukan selama perjalanan, cafe, dan bahkan tempat wisata dengan kondisi yang sudah disesuaikan.

Tidak melepas identitas sebagai biker, MBI tetap melakukan touring layaknya anak motor pada umumnya. Daklam touring mereka menjalankan adab safar (touring) yang harus dilakukan, mentaati aturan berlalu lintas, setiap touring harus ada pemimpinnya dan pengaturan cc mesin agar tidak ada yang memaksakan.

Menariknya member MBI yang tidak memiliki motor dengan ketentuan tersebut akan diberikan pinjaman oleh member yang lain, pembina, penasehat chapter atau bahkan menyewa untuk kepentingan touring tersebut.

Tujuan dari J2J adalah penguatan nilai kekeluargaan. Disela-sela kegiatan J2J setiap chapter di kota yang disinggahi akan datang untuk kumpul bersama, bahkan mereka juga dilibatkan dalam kegiatan tersebut untuk mengkoordinir agar tujuan belajar dapat tersampaikan.

“J2J adalah Journey to Jannah, kita ingin kegiatan ini berujung dengan surga. J2J tujuannya satu yakni makin memperkuat ukhuwah di antara kita dan berfikir bagaimana kedepannya lebih bermanfaat lagi, insyaaAllah.” tutur Ustadz Subhan Bawazier hafidzahullah.

Ari Widodo, Ketua Umum Muslim Biker Indonesia (MBI) mengungkapkan harapannya bahwa kegiatan J2J ini yang diikuti oleh tiga ustaz yakni Ustaz Subhan Bawazier hadifzahullah, Ustaz Abdurrahman Dani hadifzahullah, dan Ustaz Muhammad Syukron dapat memberikan manfaat.

“Journey to Jannah diharapkan bisa menimbulkan kencintaan kita akan indahnya alam Indonesia, serta untuk mempererat silaturahmi sesama biker yang kita lalui mulai dari Jakarta hingga Bali. Apalagi kita akan mendapatkan tambahan ilmu dari pada ustaz yang ada dalam rombongan,” turut Ari Widodo.

Ketum MBI juga menambahkan alasannya J2J ke-3 berakhir di Bali adalah karena keindahan alamnya yang juga patut disyukuri, disekpslorasi, dan dikenalkan yang masih belum terjama kepada masyarakat luas.

Melalui touring ini, MBI berkunjung dan membantu tempat-tempat wisata yang syari dan hotel yang syariah termasuk masyarakat dan pelaku usaha yang berdampak positif bagi ekonomi daerah. Touring ini didukung Perkumpulan Wisata Otomotif Indonesia (PWOI).(elk)

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo