Memahami Kode Speed Index Pada Ban Agar Lebih Safety

Minggu, 27/12/2015 02:20 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Jika berencana mengganti ban pastinya cara termudah mengetahui tipe dan jenisnya cukup mendengarkan saran dari toko ban yang Anda tuju. Namun ada baiknya mengetahui kode-kode yang terdapat di ban agar pilihan penggunaan ban benar-benar sesuai dengan peruntukannya.

“Pada dasarnya di ban sudah terdapat beberapa kode yang menerangkan spesifikasi seperti ketebalan, lebar ring hingga speed index. Setidaknya hal yang perlu dipahami adalah speed index, karena dengan speed indexlah kapasitas performa ban benar teruji dan terkait erat dalam hal safety,” ujar Tejo Adriastono, Marketing Manager PT YHI Indonesia selaku importir ban Yokohama Indonesia kepada mobilinanews.

Ditekankan Tejo, jika batasan kecepatan maksimal pada ban tidak sesuai bisa berakibat fatal seperti ban bisa saja pecah. Seperti yang tampak pada gambar, 225 adalah ukuran ketebalan ban dengan satuan mili, 45 adalah kode presentase ketinggian ban terhadap lebar pelek, R17 berarti dimensi diameter ring serta 94 `W` adalah kode speed index, atau secara umum menggunakan kode ZR.

Speed index adalah kode satuan batas performa ban terhadap kecepatan mobil. Leveling kode index pun sangatlah beragam mulai dari B=50 km/jam, G=90 km/jam, N=140km/jam, T=190 km/jam, C=60km/jam, J=100 km/jam, P=150 km/jam, U=200 km/jam, D=65 km/jam, K=110 km/jam, Q=160 km/jam, H=210 km/jam, E=70 km/jam, L=120 km/jam, R=170 km/jam, V=240 km/jam, F=80 km/jam, M=130 km/jam, S=180 km/jam, W=270 km/jam, Y=300 km/jam, Z= >240 km/jam.

Dengan memahami speed index maka Anda pastinya akan lebih berhati-hati dalam memacu kendaraan. Jika Anda penggemar balap mobil yang membutuhkan kendaraan melaju di kecepatan ekstrem, ada baiknya menggunakan pilihan tipe kode Y dan Z.

Mengganti ban dengan memahami speed index seusai kebutuhan mobil harian tentunya akan memudahkan dalam menentukan ban pilihan sesuai peruntukannya.

TERKINI
Honda FL5 dan Hyundai TCR Yang Diangkut Pesawat ke Malaysia, Ternyata Oleh Perusahaan H Andy Surya Santosa Yang Perally Segera Download Aplikasi GASPOLL by IMI, Dan Dapatkan Banyak Benefit Dengan Memiliki KTA IMI PEVS 2024 : Yuk Jajal Langsung dan Rasakan Sensasi Naik Motor Listrik Honda MotoGP 2024: Adaptasi Sudah Beres, Tiba Saatnya Marc Marquez Ngegas GP23 Melawan GP24