Tak Balap Putaran 6 Eshark Rok Cup Karena Sakit, Aditya Wibowo Tetap Raih Juara Nasional Junior 2022, Ternyata Ini Alasannya!

Senin, 05/09/2022 01:38 WIB

mobilinanews (Bogor) - Tidak turun berlomba putaran 6 (terakhir) Kejurnas Gokart Eshark Rok Cup 2022 karena sakit, Aditya Wibowo (13 tahun) tetap menyandang gelar juara nasional kelas Junior Rok 2022.

Pasalnya, usai putaran 4 Eshark Rok Cup 2022 itu sebenarnya gelar juara nasional sudah hampir pasti disandang Aditya Wibowo.

Saat itu, ia melakukan sapu bersih selalu menang dari sesi QTT, Heat, Prefinal hingga Final, sehingga kemudian memimpin klasemen kelas Junior Rok.

Dan, dari putaran 1 hingga 4 tersebut peserta balap di kelas Junior selalu minimal 5 pegokart. Berarti kelas tersebut bisa dihitung sebagai Kejurnas seperti regulasi balap gokart yang dikeluarkan IMI. 

Pada putaran 5 lalu, Aditya Wibowo juga kembali menjadi juara dengan sapu bersih juara seluruh sesi termasuk mencetak Fastest of The Day.

Hanya saja, saat itu peserta kelas Junior Rok hanya 4 pegokart. Artinya, poin tidak dihitung sebagai Kejurnas.

Serta puncaknya pada putaran 6 yang dilangsungkan di Sentul International Karting Circuit Bogor, Minggu (4/9/2022) kemarin, ternyata peserta kelas Junior Rok hanya 3 pegokart.

Di putaran 6 Eshark Rok Cup 2022 tersebut, juara 1 direbut Kimi Rae Fitriansyah, juara 2 Rafael Kamal serta juara 3 Sebastian Kennard Tamuntuan.

"Sesuai peraturan Kejurnas Gokart dari IMI Pusat, kelas dengan peserta kurang dari 5 pegokart, poin tidak dihitung sebagai Kejurnas. Dengan demikian, Aditya Wibowo yang telah memimpin sejak putaran 4, sesuai regulasi, berhak menyandang sebagai juara nasional Junior 2022," terang Ade Satyaningtyas dari Eshark Motorsport selaku promotor nasional gokart.

Kalau Aditya Wibowo tidak turun di putaran terakhir karena sakit, lalu kenapa Calvin Wibowo sang adik yang juga pegokart Kelas Junior juga gak balap?

"Kalau Calvin, seminggu sebelumnya sudah izin ke penyelenggara nggak bisa turun di round 6 Eshark Rok Cup," ungkap Ade.

Apa rencana Aditya Wibowo selanjutnya?

"Tahun depan, Adit akan naik kelas Senior Rok di Kejurnas gokart. Sambil mulai belajar balap mobil di sirkuit Sentul Besar pakai Honda Brio," papar Andy Wibowo, ayahanda Aditya Wibowo.

Dengan meraih gelar juara nasional Junior Rok 2022, Aditya Wibowo telah mengoleksi 2 gelar nasional gokart. Sebelumnya, pada 2016, Adit menjadi juara nasional kelas Cadet termuda di usia 6,5 tahun. (bs)

TERKINI
Suzuki Motor Corporation Memperkuat Posisi Global dengan Peningkatan Produksi dan Penjualan Aveta SVR 180, Motor Bebek Super yang Bertenaga Buas, MX King 150 Auto Minder! Simak Tata Cara Ngecek NRKB STNK Secara Offline di Samsat Segini Estimasi Biaya Servis CVT Motor Matic di Bengkel Resmi Suzuki