WRC 2022 Acropolis: Kalle Rovanpera Berpeluang Percepat Jadi Pereli Termuda Juara Dunia, Ini 2 Syaratnya

Jum'at, 09/09/2022 01:08 WIB

mobilinanews (Yunani) - Rally Acropolis di Yunani yang finish pada Minggu (11 September 2022) berpotensi bikin sejarah baru di kejuaraan dunia reli mobil WRC. Itu jika pereli Finlandia berusia 21 tahun, Kalle Rovanpera, memenuhi syarat yang dibutuhkan.

Punggawa tim Toyota Gazoo Racing itu tengah memimpin klasemen WRC 2022 dengan total poin 203. Ia dikuntit driver tim Hyundai Ott Tanak (poin 131) dan rekan satu timnya di Toyota, Elfyn Evans (116) sementara sisa kompetisi hanya tersisa 4 seri di Yunani, Selandia Baru, Spanyol dan Jepang.

Artinya, Rovanpera bisa mengunci gelar dunianya di Acropolis hanya dengan 2 syarat. Pertama adalah mengalahkan Tanak dengan selisih 18 angka. Kedua adalah mengalahkan Evans dengan 3 poin saja. 

Jika itu terjadi di Yunani maka selisih poin dengan Tanak di klasemen menjadi total 90 sekaligus mengunci gelar 2022. Ini gap yang tak mungkin dilampaui Tanak dalam 3 ronde sisa.

Tapi, Rovanpera mengaku berangkat ke Yunani dengan tidak memperhitungkan angka-angka di atas. Ia hanya fokus untuk memenangkan Rally Acropolis seperti tahun lalu.

"Persaingan sama sekali belum selesai berapa poin pun selisihnya. Saya ke sini hanya untuk kembali ke tempat dimana kami seharusnya, menang," tegas Rovanpera.

Ya, ia hanya fokus memenangkan reli gravel dengan suhu udara Yunani yang panas ini untuk menebus 2 kekalahan di Rally Finlandia dan Belgia. Ia masih menyimpan kekecewaan karena gagal menjadi juara di negeri sendiri, Finlandia, dan pensiun dini di Belgia.

Kegagalan yang memang layak ia sayangkan. Pasalnya, dalam 7 ronde awal 2022, ia menangi 5 diantaranya. Tren super positif itu putus di Finlandia dan berlanjut ke Belgia.

"Tak bakal mudah menang di sini, tapi itulah yang kami tuju dan perjuangkan."

Di sisi lain Tanak tak mau menyerah begitu saja. Kemenangan beruntun di Finlandia dan Belgia memantik semangat tempurnya. Kepercayaan dirinya melambung di atas Hyundai i20 Hybrid setelah gunakan sasis baru sejak seri Finlandia.

Perlawanan Tanak pun mulai tampak pada sesi pemanasan Rally Acropolis pada Kamis, 8 September 2022. Pereli Estonia juara dunia 2019 tampil tercepat sementara Rovanpera terdampar di urutan 6 tercepat.

"Ini baru pemanasan. Segala sesuatunya  dimulai besok (Jumat, 9/9)," tandas Tanak.

"Pada sesi hari ini kami kekurangan grip ban. Besok saya jadi pembuka jalan, kita lihat apakah menguntungkan atau tidak," imbuh Rovanpera.

Daya tarik lain reli ini adalah kembalinya sang legenda pemilik 9 gelar WRC, Sebastien Loeb, di atas Ford Puma besutan tim M-Sport.  (rnp)

 

 

 

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas