WRC 2022 Rally Acropolis: Sebastien Loeb Masih Perkasa, Fans Menanti Duel Tanak vs Rovanpera

Sabtu, 10/09/2022 00:18 WIB

mobilinanews (Yunani) - Sudah lama pensiun dari ajang reli mobil WRC dan terakhir kali tampil di Rally Acropolis, Yunani, pun 10 tahun lalu. Tapi, aksi Sebastien Loeb masih perkasa di lintasan gravel yang disebut-sebut salah satu terganas di ajang WRC.

Dari 7 Special Stage (SS) pada sesi Jumat (9 September 2022), Loeb tampil tercepat di 4 SS. Pemegang 9 gelar WRC itu sempat tak percaya diri karena arena lomba saat ini sangat berbeda dengan pengalamannya 10 tahun lalu. Untungnya Ford Puma Rally1 besutan tim M-Ford sangat mumpuni di trek gravel yang naik turun di perbukitan. Jadi kesenangan tersendiri untuk dinikmati Loeb yang juga menjuarai Rally Monte Carlo di awal musim 2022.

Bukti keunggulan Ford tak hanya diperlihatkan Loeb, tapi juga dipertontonkan pereli tim M-Sport lainnya, Pierre Louis Loubet, yang meraih 2 kemenangan SS. Satu SS lainnya diambil joki Hyundai Thierry Neuville di super special stage (SS1) yang berlangsung atraktif di dalam Stadion Olimpiade Athena di depan puluhan ribu penonton. Di sini 2 pereli dilepas sekaligus.

Hasil itu membuat sesama Prancis -  Loeb dan Loubet -  menempatkan Ford di posisi 1-2 kejuaraan sementara. Loeb memimpin dengan gap 1,7 detik. Rival terdekat mereka adalah Esepekka Lappi (Toyota Gazoo Racing) dengan jarak 8,7 detik dari Loeb.

Di sisi lain, pertarungan Kalle Rovanpera (Toyota Gazoo Racing) sebagai pemimpin klasemen sementara musim 2022 belum tampak panas dengan Ott Tanak (Hyundai) sebagai rival terdekat dalam perebutan gelar juara dunia 2022.

Rovanpera bisa mengunci gelar 2022 di seri Yunani jika mengalahkan Tanak dengan rentang 18 poin. Tapi, sementara ini keduanya malah terkendala sehingga terdampar di luar grup 5 Besar. Tanak di P6 sedangkan Rovanpera di P9.

"Kami beberapa kali terhadang kendala teknis. Tikungan-tikungan menanjak di perbukitan jadi salah satu titik kelemahan," papar Tanak yang di Acropolis ini harus rebut banyak poin dari Rovanpera agar peluang juara dunia 2022 tetap terbuka di 3 seri lomba tersisa pasca Yunani.

Kendala Rovanpera lain lagi. Pereli Finlandia berusia 21 tahun itu mengaku kesulitan mendapatkan daya cengkeram ban pada Yaris andalannya. Itu disebabkan ia jadi penyapu jalan di depsn peserta lainnya.

"Besok (Sabtu 10/9), posisi start kami berubah. Sepertinya bisa berharap hasilnya berbeda," kata Rovanpera.

Itu keterangan langsung dari Rovanpera. Tapi, sebenarnya ada kemungkinan ia bermain aman untuk mengamankan posisi di klasemen yang sudah nyaman. Is hanya perlu memenej waktu agar tak terlalu banyak buang poin untuk Tanak demi trofi 2022.

Benar tidaknya akan tampak dalam lanjutan lomba besok. Apakah Rovanpera menjadi safety player atau tetap agresif seperri seri sebelumnya? (rnp)

 

 

 

 

 

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Menyelenggarakan Diskusi Inspiratif yang Membahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid: MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap OnePrix 2024 Palopo : Insiden Sikut dan Dorong Oleh Riki Ibrahim, Akibatkan Pembalap Kehilangan Posisi, Harusnya Disanksi