Korban Meninggal Laka Lantas Menurun di 2015

Senin, 28/12/2015 15:09 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Tahun 2015 memberi catatan prestasi tersendiri bagi Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri yang berhasil menekan jumlah korban jiwa laka-lantas. Sepanjang 2015 (pertengahan Desember) tercatat korban jiwa akibat kecelakaan lalu-lintas tercatat sekitar +/- 26.000.

"Perbandingan dengan tahun lalu di 2014 tercatat sekitar 28.264 korban meninggal, di sini sampai pertengahan Desember kemarin turun ke 26 ribuan sekian, belum menembus 27 ribu," sebut Kakorlantas Polri, Irjen Polisi Condro Kirono beberapa waktu lalu.

Pencapaian ini bisa diraih dengan hadirnya beberapa program langkah-langkah pencegahan yang diterapkan di seluruh wilayah satuan tugas Lantas di seluruh Indonesia. "Kita menerapkan bulan tertib lalu-lintas secara tematik. Jadi per tema pelanggaran itulah yang kita angkat untuk dijadikan sasaran, baik itu pencegahan maupun penindakan," tambah Condro.

Demikian juga dengan pembatasan kecepatan yang diterapkan, khususnya di jalan tol. Menurut Kakorlantas, biasanya kecelakaan-kecelakaan lalu lintas yang menimbulkan fatalitas terjadi di jalan tol. Hal ini cukup medapat perhatian dari pihak Korlantas Polri.

"Kita sekarang sudah menggunakan teknologi `speed gun` untuk mendeteksi kecepatan kendaraan yang melintas. Saat ini kita masih warning di spot-spot atau titik yang kita tempatkan petugas menggunakan speed gun seperti di Cipali dan Jagorawi untuk mengingatkan masyarakat. Sementara untuk di jalan raya kita lihat, kalau di jalan yang memang ada rambu-rambu pembatasan kecepatan, akan kita tempatkan."

Senada dengan Kakorlantas, Badrodin Haiti selaku Kapolri menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas keberhasilan Korlantas Polri menurunkan angka kematian di jalan raya akibat Laka Lantas.

"Keberhasilan itu tidak boleh membuat kita lengah, saya berharap capaian tersebut dapat terus di tingkatkan dan memotivasi jajaran Polri untuk mendedikasikan dan memberikan yang terbaik dalam Operasi Lilin 2015 ini," tutup Badrodin Haiti.

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan