Danau Toba Rally 2022 Sumatra Utara Dibanjiri Pereli Hingga Lampaui Kuota, Wagub Ijeck Turun Dengan Mobil Skoda Fabia

Jum'at, 16/09/2022 18:09 WIB

mobilinanews (Medan) - Event Danau Toba Rally 2022 yang akan digelar di kawasan Aek Nauli, Parapat, Sumatra Utara, pada 23-25 September minggu depan semakin menarik dan banyak peminat.

Sampai hari terakhir pendaftaran Jumat (16/9/2022), tercatat 62 peserta dari 60 kuota awal yang disediakan panitia melakukan registrasi yang dilakukan secara online.

"Delapan pereli tercatat sebagai peserta Kejuaraan Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2022," ujar Elwin Siregar, Clerk of the Course (Pimpinan Lomba) di sekretariat panitia hari ini di Medan.

Lebih lanjut Elwin menerangkan reli yang akan digelar 12 special stage (SS) di kawasan Hutan Tanaman Industri PT Toba Pulp Lestari sektor Aek Nauli ini juga merupakan Kejuaraan Asia Cup putaran 4, Asia Pacific Rally Championship (APRC) sekaligus sebagai Kejuaraan Nasional Rally 2022 Putaran 2.

Baik driver maupun co-driver luar negeri meramaikan event ini, seperti dari Malaysia : Karamjit Singh/Jagdev Singh yang mengendarai Proton Gen2, pereli nasional dengan navigator asing: Sean Gelael dengan Hugo Magalhaes (Portugal) mengendarai Citroen C3 R5 yang juga dikendarai ayahnya, Ricardo Gelael.

Ricardo Gelael dengan navigator Rony Maroun (Libanon) serta Rifat Sungkar menggandeng Benjamin Richard dari Australia dengan kendaraan Mitsubishi Xpander AP4.

Pereli Ryan Nirwan dan co-driver Adi Indiarto dari Toyota Gazoo Racing Indonesia, yang menjadi juara 
umum Reli Nasional 2022 putaran 1, juga hadir dengan mobil GR Yaris spesifikasi AP4, bersama sebagian besar dari top 10 Kejurnas 1 lalu, termasuk Musa Rajekshah/Hervian Soejono dengan mobil Skoda Fabia (pada Kejurnas Rally putaran 1 menggunakan Subaru Impreza).

Danau Toba Rally juga tetap memikat peserta wanita, di mana kali ini kembali hadir Qanita Syahshiyah dan co-driver Julian Puspa Andari dari Eurostar Racing Team mengendarai Proton New Saga. 

Tujuan utama digelarnya Danau Toba Rally 2022 untuk meningkatkan serta mempromosikan Danau  Toba melalui event sport tourism internasional yang menumbuh kembangkan banyak sektor di Sumatra Utara.

Tingginya antusiasme serta suksesnya Danau Toba Rally 2022 membuat FIA (Federasi Otomotif Internasional) telah menawarkan Indonesia sebagai tuan rumah untuk dua round APRC pada 2023.

“Danau Toba Rally APRC 2022 terbuka untuk umum. Terdapat beberapa titik yang cukup menarik sebagai spectator points, penonton dapat menyaksikan langsung berjalannya perlombaan tanpa dipungut bayaran, alias gratis, dengan tetap memperhatikan faktor keamanan," pungkas Elwin Siregar. (bs)

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman