MotoGP 2022 Aragon: Bisa Langsung Cetak Waktu 8 Besar Tercepat di Latihan, Marquez Beri Sinyal Perlawanan

Sabtu, 17/09/2022 13:36 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Semua mata dan kamera tertuju ke garasi tim Repsol Honda saat Marc Marquez kembali menunggang RC213V setelah 4 bulan vakum. Dan, dalam dua sesi latihan awal, ia langsung menggebrak masuk 8 Besar tercepat. 

Dalam kombinasi waktu 2 sesi free practice itu Marquez menjadi rider Honda tercepat dari 4 joki Honda di lintasan. Ia hanya kalah 0,4 detik dari pembalap tercepat. Bandingkan dengan rekan satu timnya, Pol Espargaro, yang terdampar di P23. Padahal RC213V spek 2022 dibangun sesuai dengan riding style Espargaro.

Di FP1, Marquez akui sepenuhnya ia gunakan untuk memahami dan beradaptasi dengan motor yang telah jalani pembaharuan pada tes Misano. Ia tak ikut dalam tes itu namun hadir di lokasi untuk memberi arahan kepada para teknisi Honda.

"Pada kesempatan awal saya berkendara tidak baik, masih terasa kaku. Di sesi kedua baru terasa lebih rileks dan secara fisik tidak kelelahan meski intensitas latihan meningkat. Secara umum semuanya berlangsung baik," katanya.

Di FP2, Marquez memang mulai menjelajah lebih jauh untuk lebih memaksimalkan area positif pada motornya dan saat sama berusaha mengatasi sektor yang ia anggap masih kurang greget. Beberapa komponen baru ia pasang, termasuk swingarm produksi terbaru Honda untuk memgembangkan akselerasi dan stabilitas motornya.

Ia juga menyempatkan diri menguji ban berkompon lembut (soft tyre) dengan setingan baru. Hasilnya belum seperti harapan, terlebih karena ia sempat nyaris celaka saat mencoba ban katagori tercepat itu.

"Ya, ada sedikit momen tak bagus di tikungan terakhir. Tapi, ketika Anda membuat kesalahan maka saat sama Anda akan temukan cara yang benar untuk mendorong motor lebih kencang lagi," tandasnya.

Ia menilai penampilan come back di trek favoritnya terbilang sukses dalam dua hal. Secara fisik dan teknis pada motor. Ia pun punya rasa percaya diri di atas motornya.

Menarik karena semua tahu kalau Marquez sudah punya gairah dan pede di atas motornya, maka itu adalah sinyal awal perlawanan di balapan nanti.Ia akan bertarung sampai limit kemampuan motor dan fisiknya.

Seperti apa kelanjutannya, aksi juara dunia 6 kali itu menarik dinanti pada sesi kualifikasi Sabtu (17-9-2022) petang waktu Spanyol atau malam nanti WIB. Dari P8 di dua latihan awal, tak berlebihan jika mencuat harapan Marquez bisa bersaing berebut grid strategis pada kualifikasi. Kalaupun tak dapat posisi front row, ia punya potensi masuk di second row alias 6 Besar.

Bila itu terwujud maka raceday Minggu (18 September 2022) membuka kesempatan Marquez untuk memberikan aksi hiburan kepada penonton tuan rumah yang tak lain adlah fans sejati MM93, seperti motivasi awalnya. Tentu nilai hiburannya bakal semakin tinggi jika ia sempat fight melawan Fabio Quartararo (Yamaha) atau Francesco Bagnaia (Ducati) yang tengah perjuangkan poin krusial di Aragon.(rnp)

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman