Tampil Konsisten, Perally Ronny JS Amankan Podium Juara Group R di APRC Danau Toba Rally 2022

Rabu, 28/09/2022 00:28 WIB

mobilinanews (Parapat) - Konsistensi yang dilakukan oleh Ronny JS, pereli SWM Motorsport asal Surabaya, Jawa Timur, dalam gelaran Kejurnas Rally Danau Toba 2022, berhasil membuahkan hasil yang prestisius.

Selama dua hari penyelenggaraan Kejurnas Rally Danau Toba 2022, pereli yang berpasangan dengan Audi Christanto, sukses mempertahankan posisi tertinggi di Group R dengan menempati podium pertama.

Menurut Ronny JS, keberhasilan tersebut diraih berkat strategi yang dimainkan, sehingga mampu menghasilkan performa yang mumpuni sepanjang kompetisi.

"Hari pertama itu hujan semalaman sebelum rally, jadi harus atur strategi biar bisa maksimal. Section 1 main aman aja, pas section 2 bisa ditambah dikit karena tidak bisa pol juga mengingat kondisi mobil jadi harus tau kapan pol dan kapan harus menahan," buka Ronny JS.

Setelah melewati etape pertama sepanjang 110 kilometer pada hari pertama, ia berhasil mengamankan posisi puncak di Group R dengan torehan waktu tercepat 1 jam 51 menit 54,7 detik.

Berlanjut pada hari kedua, ia tetap bermain sesuai dengan strategi awal untuk tetap memperhatikan segala kondisi mobil dan kontur medan.

Hal ini terbilang berhasil lantaran rival terdekatnya, Heru Rubyanto, mengalami kendala teknis pada mobil rally BMW 325 yang dikemudikannya.

Berbekal kondisi tersebut, Ronny JS, terus memanfaatkan peluang yang ada dengan tetap bermain aman. Meskipun mobil tidak dalam kondisi 100 persen, ia mengatakan Datsun B310 yang dikendarai ini memang ada masalah sejak Special Stage pertama.

"Arm bermasalah, sejak SS pertama. Jadi mobil kalau di track lurus, ngebanting kiri dan kanan. Saya jadi bermain aman, dan tidak terlalu ngepol supaya bisa maintenance mobil dengan baik," tambah Ronny JS.

Pada hari terakhir kompetisi, pereli yang hobi touring dengan motor ini berhasil mengakumulasi waktu tercepatnya dengan torehan 2 jam 48 menit 11,3 detik.

"Ya rasanya senang, bisa finish dengan selamat dan aman. Rally kan menurut saya yang penting finishnya, mobil aman dan bisa dapat poin penuh," pungkasnya.

Berkat keberhasilannya tersebut, kini Ronny JS sukses bertengger di puncak klasemen Group R dengan perolehan 35 poin. Modal ini sudah terbilang cukup untuk menapaki satu kaki untuk menyabet gelar Juara Nasional Group R 2022. (fik)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas