MotoGP 2022: Dihajar Marquez di Aragon, Nakagami Naik Meja Operasi dan Absen di Buriram Thailand

Rabu, 28/09/2022 01:07 WIB

mobilinanews (Jepang) - Duka berkepanjangan masih dialami pembalap Jepang Takaaki Nakagami (LCR Honda). Ia harus tarung sebagai local hero di GP Jepang lalu dalam kondisi darurat dengan tangan diperban.

Sekarang ia harus terima nasib tak bisa bertanding ke GP Thailand pekan ini karena harus naik ke meja operasi.

Duka Nakagami dimulai di GP Aragon. Di lap pembuka ia serempetan dengan rider pabrikan Honda Marc Marquez (Repsol Honda) di lap pembuka. Ia lantas jatuh terguling dan harus ke klinik lantaran dua jari tangan kanannya sobek.

Serempetan ini terjadi tak lama setelah Marquez juga serempetan dengan Fabio Quartararo (Yamaha) dengan akibat Quartararo yang jatuh bergelimpangan dan gagal meneruskan balapan.

Marquez sendiri tetap jalan, namun harus kembali ke paddock dan ikut retire. Peristiwa dengan Nakagami ditengarai karena RC213V milik Marquez sudah hilang keseimbangan akibat kerusakan roda belakang pasca crash dengan Quartararo.

Namun, efeknya buat Nakagami lebih panjang. Setelah operasi ringan pasca Aragon, ia diperkenankan turun di home race-nya di GP Jepang.

Sayangnya, seusai latihan ternyata sarung tangannya penuh darah. Luka sobek pada jari manis dan kelingkingnya ternyata robek kembali lantaran hanya dibalut dengan plester tipis. Soalnya, jika diperban maka sarung tangannya tak muat.

Saat kualifikasi dan race, sarung tangan itu dimodifikasi lebih longgar dan Nakagami bisa melakoni balapan lebih leluasa. Ia finish di urutan 20 dan kembali dengan sarung tangan berdarah. Luka di kelingkingnya kembali menganga.

Tak ingin beresiko lebih jauh, ia dan tim milik Lucio Cecchinello ini pun memutuskan operasi khusus untuk kedua jari itu. Dijadwalkan naik meja bedah pada Jumat ini yang artinya Nakagami tak akan ikuti GP Thailand pada akhir pekan.

Honda memilih tester mereka, Tetsuta Nagashima, sebagai pengganti ke Sirkuit Buriram. Pembalap Moto2 ini juga tampil di Sirkuit Motegi pekan lalu lewat jalur wild card.

Ini kesempatan kedua Nagashima di kelas primer. Tentru tak banyak yang bisa ia janjikan kecuali menikmati lintasan MotoGP dan berusaha mencapai finish sekenanya.

"Terpenting saya berharap Taka sebuh lebih cepat dan bisa kembali ke lintasan di GP Australia. Saya sudah banyakbelajar di Motegi, dan pelajaran tambahan akan saya arungi di Thailand. Penting bagi saya untuk lebih memahami karakter motor kelas MotoGP," kata Nagashima.

Pembalap regular lain yang bakal absen di Thailand adalah juara dunia 2020 Joan Mir (Suzuki). Ia akan digantikan mantan joki MotoGP, Danilo Petrucci, yang baru saja sukses menggondol posisi runner-up di kejuaraan MotoAmerica. (rnp)

 

 

 

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan