Masalah Pengereman, VW Tarik 663 Unit SUV Atlas dari Pasar Otomotif

Selasa, 04/10/2022 11:05 WIB

mobilinanews (Amerika) - Raksasa otomotif asal Jerman, Volkswagen (VW) dilanda kabar tak sedap. Mereka dikabarkan harus menarik ratusan model Sport Utility Vehicle (SUV) terkait masalah pada sistem pengereman mobil.

Carscoops melaporkan bahwa masalah sistem pengereman SUV Atlas telah mendorong investigasi internal dari Volkswagen. Dari hasil pendalaman tersebut ditemukan masalah pengereman terjadi karena ada komponen rem yang dipasang tidak semestinya.

Akibat pemasangan komponen rem yang tidak presisi menyebabkan keborcoran pada cairan rem yang dapat berkurang denga drastis sehingga dapat menyebabkan kegagalan pengereman saat mobil digunakan.

Masalah sistem pengereman ini hanya mempengaruhi kendaraan model tahun 2023. Dari laporan yang ada sekitar 663 uit Atlas terkait dengan masalah ini. Secara khusus, di AS Volkswagen, menarik kembali 326 Atlas yang dilakuakn antara 1 September dan 15 September 2022.

Sementara 206 Atlas Cross Sport hampir bersamaan yakni pada 2 September dan 15 September 2022. Untuk model yang sama di Kanada kurang lebih ada 72 Atlas dan 59 Atlas Cross Sports yang terlibat dalam penarikan tersebut.

Volkswagen pertama kali mengetahui masalah ini pada 14 September 2022, ketika sebuah laporan internal muncul tentang kebocoran saluran rem. Pada 19 September, setelah analisis, perusahaan mengeluarkan penghentian penjualan dan dua hari kemudian masalah tersebut disampaikan kepada Komite Keamanan Produk VW dan penarikan dimulai.

Beruntungnya, pabrtikan tidak mendapatkan keluhan lapangan atau cedera terkait dengan masalah ini, terutama karena diidentifikasi secara internal langsung dilakukan. Bila tidak masalah ini kemungkinan akan menjadi besar dan menjatuhkan brand imagenya.

Terkait maslaah ini, pemilik diperingatkan untuk berhati-hati saat melakukan perjalanan jauh dan memperhatikan lampu peringatan minyak rem di dasbor. Jika hal tak normal terjadi pada indikator atau padal rem sebaiknya langsung membawa mobil ke dealer resmi VW untuk penanganan lebih lanjut.

Volkswagen memastika, semua pengecekan rem dan perbaikan yang akan dilakuakan tanpa biaya. Selebihnya SUV model baru ini juga masih terikat garansi sehingga tidak perlu pembayaran dari pengguna unit.(elk)

TERKINI
Hindari Tidur di Mobil Dengan AC Nyala, Hati-Hati Keracunan Gas CO GAC Aion Pakai Chasis Baterai Generasi Ke-3, Buat Mobil Listrik Lebih Aman Soal Isu BBM Pertalite Akan Dihapus, Pertamina Patra Niaga: Masyarakat Tak Perlu Khawatir Toyota Veloz 2024, Mobil Keluarga yang Jadi Musuh SPBU karena Irit Bahan Bakar