Co-Driver Terbaik Kejurnas Rally 2022, Hervian Soejono Suarakan Regenerasi Sambut Kehadiran Mobil Spec WRC

Senin, 24/10/2022 12:08 WIB

mobilinanews (Muara Bungo) - Hervian Soejono meraih juara nasional Co-Driver (navigator) pada Kejurnas Rally 2022. Kepastian diperoleh setelah pada putaran 4 Kejurnas Rally di Muara Bungo, Jambi, Minggu (23/10/2022), Ian - sapaan akrabnya - berhasil mendarat finish tercepat ke-5.

"Alhamdulillah, masih dikasih kesempatan jadi juara nasional Co-Driver 2022. Bisa buat cerita ke anak gue hehe," ujar Ian Soejono kepada mobilinanews.

Bagaimana bisa juara nasional Co-Driver sementara secara overall bersama pereli Ijeck yang Wagub Sumatra Utara berada di posisi ketiga?

"Pertama, Rifat Sungkar karena co-driver dari luar, poin nggak dihitung. Maka fight poin sama Adi Indiarto (co-driver Ryan Nirwan)," terang Ian Soejono co-driver senior yang pernah mendampingi beberapa driver top Tanah Air dan luar negeri. 

Sempat dramatis, lanjut Ian, karena Skoda Fabia yang digeber Ijeck pecah ban di SS 2.

"Dari posisi terdepan, terpaksa mundur hingga posisi 7. Fight kejar Glenn Nirwan (pereli M2) supaya bisa masuk 5 besar agar bisa di atas Adi poinnya. Alhamdulillah, dapat," senyum pria kalem ini.

"Overall, trek di Muara Bungo sangat menantang dengan karakter high speed. Pak Ijeck nyopirnya luar biasa," lanjut Ian.

Sebenarnya Ian Soejono sempat memutuskan pensiun 2,5 tahun lalu. Sebelum itu, pada Kejurnas Rally di Sumatra Utara, 2019, Ian menjadi co-driver Tom Blomqvist dan Nuno Pinto.

Sedangkan dengan Ijeck - sapaan arab Musa Rajekshah - yang kini menjabat sebagai Wakil Gubernur Sumatra Utara, pernah mendampingi sebagai co-drivernya pada 2014-2017.

"Jadi saya sudah paham dengan karakter dan style beliau. Saya melihat, beliau semakin matang dan cepat, apalagi dengan mobil barunya Skoda Fabia langsung bisa tune in," ungkap Ian.

Faktanya, pada 2 putaran Kejurnas Rally 2022 di Muara Bunga, Jambi gelaran H Jimmy Syamsudin dengan pelaksana Memen Harianto cs didukung lintasan high speed, Ijeck sempat memimpin setelah 3 SS di putaran 1.

Namun karena mengalami sedikit trouble, akhirnya Ijeck gagal finish P1. Sedangkan di putaran 4 hari Minggu, persaingan lebih menarik lagi. 4 pereli bergantian menjuarai 7 SS yang digelar dengan Rifat juara 1 SS, Ryan Nirwan 3 SS, H Putra Rizky 1 SS dan Ijeck 2 SS.

Klimaksnya, tentu pada SS 7 (terakhir) yang dilangsungkan dengan format Super SS di Suwarnadwipa Nusantara Circuit yang disaksikan ribuan penonton, Ijeck dengan co-driver Ian Soejono tampil impresif dan sangat cepat menutup dengan sebuah kemenangan.

Ian Soejono mengingatkan kepada para co-driver, terutama yang baru dan muda-muda, untuk serius menekuni posisi ini.

"Sekarang makin banyak mobil dengan spec terbaru mendekati dan setara dengan WRC. Belum lagi, beberapa mobil baru dikabarkan juga segera datang. Jadi, sudah saatnya regenerasi mobil canggih ini diikuti pula dengan regenerasi co-driver yang siap dan serius," terang Ian Soejono. 

Sementara itu, Adi Indiarto selaku co-driver Ryan Nirwan mengaku sempat berdebar-debar menunggu kepastian siapa juara nasional co-driver. "Salut untuk om Ian, berhasil mengejar ketertinggalan bisa masuk 5 besar. Namun, faktor utama sebenarnya karena kami DNF (Dit Not Finish di APRC Danau Toba di mana itu poinnya double," terang Adi. (bs).    

TERKINI
Spesifikasi Seres E1 yang Meraih Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 305 Ducati Pecahkan Rekor MURI di Event We Ride As One di Candi Prambanan Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali F1 2024 Miami: Max Verstappen Tetap Paten, Pesona Hamilton Masih Ada Meski Melawan Pembalap Papan Bawah