Sempat Terkendala Engine Cut Off, Pereli Ronny JS Dari Surabaya Raih Juara Nasional Group R Kejurnas Rally 2022

Selasa, 25/10/2022 02:28 WIB

mobilinanews (Muara Bungo) - Pereli asal Surabaya, Jawa Timur, Ronny JS, tahun ini sukses mencapai targetnya untuk menjadi Juara Nasional Rally Group R 2022.

Ia yang bertandem dengan Audi Christanto pada putaran ketiga kemarin, mampu mengunci gelar meskipun harus menerima kekalahan dari Heru Rubyanto pereli Eurostar Rally Team, yang menggeber BMW 325i.

Dalam bincangnya, Ronny JS, menjelaskan pertarungan berjalan sengit sepanjang 6 Special Stage. Namun, mobil rally Datsun B310 yang dikemudikan, sempat mengalami trouble lantaran ada permasalahan pada fitur engine cut off.

“Mobil bermasalah di cut off engine. Setiap kira-kira 5 kilometer, mesin langsung drop. Jadi dengan kondisi itu, cut offnya harus di on/off, sehingga bisa menjadi normal lagi,” buka Ronny JS.

Meski harus berjibaku dengan kondisi mobil yang tidak prima, namun pereli yang doyan touring dengan motor ini tidak menyerah begitu saja. Sepanjang 6 SS berlangsung, Ronny JS bersama Audi tetap unggul pada SS4, SS5 dan SS6.

Sementara Hery Rubyanto, pesaing terdekatnya, lebih dulu menguasai 3 SS pertama, yakni SS1, SS2 dan SS3.

"Jadi SS1 sampai SS3, dia (Heru Rubyanto) yang menang. Tapi untuk SS4 sampai SS6, saya yang menang. Namun secara total sepanjang putaran ketiga, saya kalah waktu dari dia," tambah Ronny JS.

Meski demikian, Ronny JS tetap bisa mengunci kemenangan dan menyabet gelar sebagai Juara Nasional Rally Group R 2022 karena poin yang ia kumpulkan di klasemen, ia jauh lebih unggul.

"Secara poin, saya sudah aman untuk Juara Nasional," imbuh Ronny.

Secara keseluruhan, pereli berkacamata ini juga sangat berkesan dengan lintasan Swarnadwipa Nusantara Muara Bungo, Jambi.

Jika dibandingkan dengan Kejurnas Rally Danau Toba 2022 yang sebagian lintasannya berbatu, permukaan track di Muara Bungo lebih memanjakan pereli untuk menggeber mobilnya lebih maksimal lagi.

“Tracknya bagus, kondisinya juga lebar dan permukaannya juga mulus, jadi di lintasan ini saya bisa poll. Tapi ada juga jurang-jurang kaya di Danau Toba, namun tidak sebanyak di sana,” tandas Ronny. (har)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!