Sabuk Pengaman Longgar, Tesla Tarik 24 Ribu Unit Model 3

Minggu, 30/10/2022 00:33 WIB

Pabrikan mobil listrik terbesar di dunia, Tesla kembali dirundung berita tak sedap menganai masalah safety pada unti kendaraannya. Puluhan ribu mobil Tesla terpaksa ditarik karena adanya masalah dengan sabuk pengaman.

Carscoops melaporkan bahwa pabrikan milik Elon Musk ini harus berurusan dengan racall Tesla Model 3. Jumlahnya pun tak tanggung-tanggung. Ada 24 ribu unit mobil yang terlibat dengan masalah ini. Unit yang terdampak adalah Model 3 yang diproduksi pada tahun 2017 hingga 2022.

Akar masalahnya adalah jangkar sabuk pengaman yang mungkin tidak terpasang dengan benar. Beruntung sampai saat in, Tesla belum menerima laporan bahwa ada cedera yang terkait masalah tersebut.

Masalah safety seperti sabuk pengaman sangat penting, karena sabuk pengaman yang tidak terpasang dengan benar dapat mengganggu kinerja komponen jika terjadi kecelakaan dan bisa menyebabkan fatalitas yang tinggi saat terjadi benturan.

Untuk itu, masing-masing kendaraan yang diduga terdampak akan memerlukan pemeriksaan fisik oleh pusat layanan Tesla. Ini berarti dalam waktu dekat Tesla akan bekerja marathon untuk menyelesaikan masalah ini.

Yang cukup menarik adalah pengakuan pihak Tesla bahwa penarikan yang mempengaruhi 24.064 Model 3 ini, terjadi karena masalah servis dan bukan masalah manufaktur. Menurtu mereka, Model 3 memerlukan pembongkaran sabuk pengaman baris kedua kiri dan jangkar sabuk pengaman tengah, yang keduanya diikat dengan baut yang sama.

Kedua komponen ini mungkin telah dipasang kembali secara tidak benar setelah dibongkar selama tindakan servis dalam proses di luar kerja manufaktur yang berkaitan dengan produksi unit.

Hal ini terkonfirmasi dengan pengalaman pelanggan, bahwa melihat sabuk kiri baris kedua atau jangkarnya longgar saat ditarik menjauh dari bangku. Faktanya, Tesla melaporkan bahwa keluhan dari teknisi servis dan pelanggan telah memberi tahu masalah tersebut sejak awal.

Dari 15 Agustus hingga 30 September tahun ini, telah ditemukan 105 contoh pemasangan kembali jangkar yang salah. Kurang dari sebulan kemudian, pada 19 Oktober, Tesla memutuskan untuk mengeluarkan penarikan mobil-mobil bermasalah ini.

Tesla berkomitmen untuk memperbaiki dan mengganti sabuk pengaman tanpa biaya. Sebagian besar pemilik akan mendapatkan infromasi penarikan melalui pesan elektronik di mobitor kendaraannya masing-masing.

Tesla juga akan mengubah prosedur layanan dalam servis. Ada instruksi tambahan untuk memastikan bahwa masalah itu tidak terjadi lagi  di masa depan. Salah satu persyaratan baru adalah teknisi servis harus memastikan bahwa sabuk dan jangkar telah dipasang kembali dengan benar.(elk)

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik