Balap Mobil F1 Makin Populer di Benua Amerika, Colombia Ajukan Tuan Rumah Untuk 10 Tahun Penyelenggaraan!

Rabu, 02/11/2022 20:16 WIB

mobilinanews (Colombia) - Ambisi bos F1 Stefano Domenicali membawa ajang balap F1 ke berbagai tempat baru benar-benar serius.

Ia baru saja menyambangi kota wisata Barranquila di Colombia untuk menjajaki potensi race dalam kota seperti keinginan pemerintah setempat. Kota ini terletak sekitar 1000 km dari ibukota Bogota.

Penggemar F1 memang berlimpah di Colombia dan beberapa pembalap mereka pun turun di berbagai ajang balap single setaer di Eropa. Yang paling fenomenal adalah Juan Pablo Montoya, eks pembalap tim Williams dan McLaren di F1 dan kemudian eksis di kancah IndyCar.

Montoya tak pernah juara dunia F1 tapi selalu finish 8 Besar semasa di F1 pada 2001 hingga 2006. Prestasi teetingginya adalah 3 besar pada musim 2002 dan 2003.

Dengan antusiasme, walikota Barranquila Jamie Pumarejo berambisi membawa F1 ke kotanya sekaligus jadi penyokong bidang pariwisata yang jadi andalan wilayahnya.

Tak tanggung-tanggung, ia masukkan pendaftaran 10 tahun jadi tuan rumah F1 dan siap memulainya pada musim 2024 atau 2025. Proposal sudah masuk ke Formula One Management pimpinan Domenicali.

"Prosesnya berjalan dengan baik, tapi masih banyak yang harus dikerjakan. Ini belum jadi kenyataan tetapi kami masih berlomba dan berharap mencapai garis finish," kata walikota Pumarejo.

Sang Walikota itu menambahkan sudah ada 2 area yang dipersiapkan jadi sirkuit F1 dan dua-duanya masih terbilang dalam kota. Salah satu area itu berada di dekat sungai, yang bisa jadi masalah namun di sisi lain bisa jadi nilai lebih untuk desain atau lay out sirkuit.

Selama ini, Amerika Selatan hanya diwakili Brasil sebagai tuan rumah F1. Karena itu Domenicali merasa perlu terbang ke Colombia sebelum mendarat di GP Brasil pekan ini, tak lain untuk pengembangan dan perluasan pasar F1 di Benua Amerika.

Selama ini, F1 sudah manggung di Kanada, Austin serta Miami (AS) dan tahun depan juga berlangsung di Las Vegas, serta Meksiko dan Brasil. 

Selain dua seri tambahan di AS, Arab Saudi dan Qatar juga jadi negara baru penyelenggara F1. Kemungkinan besar F1 juga akan kembali ke Sirkuit Kyalami, Afrika Selatan.

Beberapa negara lain, kata Domenicali yang punya ambisi gelar 30 race per musim, masih antri menjadi tuan rumah F1.

Bisa jadi Indonesia salah satunya dengan cita-cita pembangunan trek spesifikasi F1 di beberapa daerah (kalau ada yang benar-benar terealisasi tentunya. (rnp)

 

 

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman