Segmen MPV Diprediksi Mendominasi Tren Mobil 2016

Senin, 04/01/2016 07:15 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Menurunnya daya beli masyarakat pada tahun 2015 ditandai dengan angka penjualan mobil berada di angka 900 ribuan terjual. Masih kalah moncer dibanding 2014 yang bisa menjual 1,1 jutaan.

Lalu bagaimana tren penjualan mobil pada 2016? Diperkirakan masih akan sama dengan tahun 2015 di mana segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) atau mobil keluarga masih bakal dicari.

“Peta tren mobil pada 2016 masih di segmen MPV yang laris. Karena kita masih melihat gaya hidup orang Indonesia saat ini yang masih gemar pergi bersama keluarga besar,” ujar Suhari Sargo, pengamat otomotif.

Meski terdapat pilihan mobil di segmen lain, seperti Sport Utility Vehicle (SUV), Low Cost Green Car (LCGC) dan sedan, namun masih belum bisa menggeser MPV.

Menurut Suhari, ini menyangkut kemampuan dan daya beli yang dimiliki masyarakat secara total. Sehingga paling memungkinkan MPV akan terus dicari.

Ditambahkan, MPV yang masih akan laris penjualannya yakni Low MPV yang memiliki mesin di bawah 1.500 cc, lalu medium MPV antara 1.500 – 1.800 cc serta upper MPV dengan mesin di atas 1.800 cc.

Sedangkan segmen sedan menurut Suhari masih akan stabil seperti saat ini. “Kalau sedan akan tetap. Tidak berpengeraruh karena pasarnya sama. Sehingga tidak ada penurunan dan kenaikan berarti,” tegas pengamat otomotif gaek ini.

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas