Pelumas Pertamina, Local Pride yang Telah Mengglobal ke-14 Negara Asia Pasifik

Selasa, 29/11/2022 18:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - PT Pertamina Lubricants merupakan satu-satunya produsen pelumas dalam negeri yang dikelola secara penuh oleh anak bangsa yang mengglobal dari sisi produk maupun bisnisnya.

Perjalanannya tidak sebentar. Mereka telah bermain di pasar pelumas 65 tahun lalu. Pada tahun 1957 diawali dengan memproduksi pelumas dalam bentuk lithos dan curah bagi konsumen Indonesia.

Beranjak dari latar belakang itu, PT Pertamina Lubricants kini menjadi raksasa pelumas yang tidak hanya menguasai pasar rumahnya sendiri di Indonesia, tetapi mendunia hingga punya fasilitas produksi di Negeri Gajah Putih, Thailand.

Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants, Rifqi Budi Prasetyo mengatakan Indonesia punya segalanya. Tidak hanya sumber daya minya bumi tetapi juga sumber daya manusia (SDM) yang melimpah untuk membangun sebuah local pride yang mengglobal. Dalam hal ini, di industri pelumas.

"Kita merupakan pelumas pertama dalam negeri dengan local pride. Kita punya resources dalam negeri, kita produksi dalam negeri, tetapi kualitas kita bukan kualitas dalam negeri saja, kita punya kualitas internasional," kata Rifqi Budi pada awak media dalam kunjungan pabrik PT Pertamina Lubricants di Koja, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (29/11/2022).

Rifqi tidak berlebihan soal local pride Pertamina Lubricants. Pasalnya produk-produk Pertamanina Lubricants untuk otomotif yang dikenal seperti Fastron untuk mobil, Enduro untuk motor dan Meditra untuk kendaraan komersial punya kelas tersendiri yang mendapat pengakuaan dunia.

Produknya tidak hanya lolos uji kualitas di Indonesia seperti Standar Nasional Indonesia (SNI) tetapi juga mengantongi standar kualitas internasional API dari Amerika, JASO dari Jepang dan ACEA dari Eropa.

Jaminan kualitas juga diuji coba langsung oleh Pabrikan global melalui field atau road test dari brand global kenamaan seperti Daimler-Benz, Volvo, Toyota, MANCaterpilar, MTU hingga mendapat approval.

"Setap produk yang kita hasilkan ada tes khusus oleh brand global seperti Toyota, Volvo, MAN, Caterpilar dan seterusnya. Juga mendapat sertifikasi global dri JASO MA, API Amerika hingga ACEA Eropa," bebernya.

Ekspor ke 14 Negara

Jaminan kualitas ini yang menjadikan Lubricants Pertamina, percaya diri dan terus mengekspansi pasar global. Hingga saat ini kurang lebih 14 negara menggunakan produk Pertamina Lubricants.

Direktur Sales & Marketing Sari Rachmi menjelaskan 14 negara di Asia Pasifik. Itu sebabnya anak perusahaannya di Thailand dikerahkan untuk mengakomodir kebutuhan negara-negara Indocina seperti Kamboja, Laos, dan Vietnam. Selain itu ada pasar terbuka di Australia yang terus mengalami pertumbuhan.

"Kita punya anak perusahaan di Thaiand, dia managing daerah di sekitarnya Indocina dari Thailand, Vietnam, Kamboja. Selain itu kita punya represetative office di Australia," ungkap Sari.

Produk-produk yang diandalkan di negara-negara ini adalah pelumas otomotif yang disesuikan dengan kebutuhan di negara masing-masing. Sari mencontohkan di pasar Australia kebanyakan kendaran yang digunakan adalah mobil-mobil Eropa, jadi produknya disesuikan dengan spesifikasi kendaraan di Negeri Kanguru tersebut.

Berkaitan dengan pengembangan pasar di negara-negara tujuan ekspor tersebut, Pertamina Lubricants akan terus menjaga agar pertumbuhannya terus berkembang semakin besar, sambil mencari pasar baru lainnya.(Erwin)

TERKINI
Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Perluas Jaringan Pasar, Chery Akhirnya Resmi Buka Dealer di Karawang Jawa Barat Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 BYD Resmi Meluncurkan Sea Lion 07: SUV Pesaing Tesla Model Y