6 Mobil Hemat BBM Tahun 2015 di Dominasi Suzuki

Selasa, 05/01/2016 12:26 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Ada banyak hal yang bisa dipertimbangkan oleh konsumen sebelum membeli mobil. Dengan banyaknya kehadiran mobil dengan desain yang menarik serta fitur yang melimpah ditambah dengan dukungan performa mesin yang bisa diandalkan menjadi sebuah daya tarik yang coba ditawarkan oleh para produsen untuk memikat hati konsumen.

Tetapi, banyak juga konsumen yang tidak terlalu memikirkan hal tersebut dan lebih mengutamakan efisiensi bahan bakar dalam memilih mobil. Hal inilah yang membuat sejumlah produsen menghadirkan pilihan mobil hemat BBM. Dengan hemat bahan bakar tentu saja dapat menekan pengeluaran pembelian bensin yang mungkin sedikit meringankan konsumen.

Apa aja sih mobil hemat BBM tahun 2015, berikut daftarnya:

Suzuki Celerio DIesel

1. Suzuki Celerio Diesel
Suzuki Celerio diesel mengusung mesin dua silinder dengan kapasitas 793 cc. Tenaga yang sanggup dihasilkan mesin ini mencapai 46 hp. Suzuki Celerio Diesel diklaim dapat menghemat pemakaian BBM hingga 27,62 km/liter. Selain hemat bahan bakar, Suzuki Celerio diesel juga dilengkapi dengan fitur keselamatan yang mumpuni dengan dilengkapi fitur ABS, EBD dan dual airbag. Yang hanya tersedia untuk varian tertinggi.

Honda Jazz

2. Honda Jazz
Honda Jazz menjadi mobil paling irit bahan bakar kedua di tahun 2015 dengan efisiensi bahan bakar hingga 27,3 km/liter. Di India Honda Jazz tersedia dalam dua pilihan mesin, yakni diesel dan bensin. Varian diesel mengandalkan mesin 1.500 cc i-DTEC yang memiliki tenaga sebesar 99 hp. Mesin ini juga digunakan pada Honda City, Amaze dan Mobilio. Mesin tersebut dipadukan dengan sistem transmisi manual enam percepatan. Sementara versi mesin bensin menggunakan 1.200 cc i-VTEC yang dapat menyalurkan tenaga 90 hp. Terdapat dua transmisi yang ditawarkan, yakni manual 5-percepatan dan otomatis CVT 5-percepatan. Konsumsi bahan bakar varian bensin lebih rendah, yakni 18,7 km/liter untuk tipe manual dan 19 km/liter untuk tipe otomatis.

Suzuki Baleno

3. Suzuki Baleno
Suzuki Baleno sama seperti Honda Jazz dengan efisiensi bahan bakar hingga 27,3 km/liter. Suzuki Baleno juga hadir dalam dua pilihan mesin, yakni bensin K-Series 1.2 liter dan diesel 1.3 liter DDiS. Untuk varian diesel dapat menghasilkan tenaga sebesar 73 hp dengan torsi 190 Nm. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi manual lima percepatan. Beberapa fitur standar yang disematkan pada mobil ini adalah automatic climate control, sistem keamanan ABS, EBD dan dua airbag.

Ford Figo Diesel

4. Ford Figo Diesel
Mobil asal Negeri Paman Sam ini dipersenjatai dengan dapur pacu berkapasitas 1.500 cc empat silinder. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 98 horse power. Tenaga tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi manual lima percepatan. Ford Figo bermesin diesel diklaim dapat mencatat efisiensi bahan bakar hingga 25,83 km/liter.

Renault Kwid

5. Renault Kwid
Mobil ini dirancang dengan memanfaatkan bahan baku yang ringan. Hasilnya Renault Kwid hanya memiliki bobot 660 kilogram. Hal tersebut berdampak positif terhadap efisiensi bahan bakarnya. Renault Kwid dapat menghemat pemakaian BBM hingga 25,17 km/liter.

Suzuki Ertiga SHVS

6. Suzuki Ertiga SHVS
Multi Purpose Vehicle (MPV) berkapasitas 7-penumpang ini menjadi mobil dengan efisiensi terbaik. Suzuki Ertiga SHVS diklaim memiliki efisiensi bahan bakar 24,52 km/liter. Efisiensi tersebut jauh lebih baik dibandingkan dengan Suzuki Ertiga non-SHVS yang memiliki tingkat konsumsi BBM 20,77 km/liter. Mobil ini mengandalkan mesin dengan kapasitas 1.300 cc diesel SHVS (Smart Hybrid Vehicle Suzuki), sama seperti model sedan Suzuki Ciaz. Fitur start and stop yang disematkan pada mobil keluarga ini juga menjadi penunjang yang membuat konsumsi BBM menjadi lebih irit.

TERKINI
F1 2024: Untuk Mengalahkan Max Verstappen, Ini Juru Taktik Baru Yang Mendampingi Charles Leclerc WRC 2024 Rally Portugal: Dani Sordo Is Back! Pimpin Hyundai Finish 1-2-3 Nol Kilometer Indonesia di Sabang, Menjadi Titik Deklarasi Land Rover Club Palembang Dipimpin Mantan Gubernur Tips Mengemudi Jarak Jauh untuk Mengisi Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus, Simak Selengkapnya