Toyota Prius Baru Akan Meluncur 2023, Punya Fitur Pendeteksi Objek di Jalan

Selasa, 06/12/2022 17:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Toyota rencananya memperkenalkan all-new Prius plug-in hybrid (PHEV). Mereka telah mengungkap detail tambahan dari model hybrid generasi kelima. Prius PHEV baru ini, akan diperkenalkan di Eropa pada pertengahan 2023.

Soal jantung pacu, Prius hybrid plug-in baru ini, ditenagai oleh mesin 2.0 liter yang dipasangkan dengan motor listrik yang menghasilkan output total 223 PS. Power ini lebih tinggi dari Prius sebelumnya dan hanya membutuhkan waktu 6,7 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam, dibandingkan dengan 11,1 detik sebelumnya.

Meski memiliki perpindahan mesin yang lebih besar, Toyota menyebut Prius baru ini lebih hemat bahan bakar seperti model 1,8 liter sebelumnya.

Paket baterai yang membentuk powertrain PHEV Prius adalah unit lithium-ion 13,6 kWh baru. Paket baterai ini memiliki kepadatan sel energi yang lebih tinggi untuk pengemasan dan sekarang kompak untuk dipasang di bawah kursi penumpang belakang.

Selain menurunkan pusat gravitasi mobil, paket baterai lithium-ion baru juga menambah daya jangkau unit hingga 69 km. Peningkatan jaraknya mencapai 50% dalam rentang EV murni yang memiliki daya jangkauan jarak 40-50 km.

Soal dimensi, Prius baru lebih rendah 50 mm, lebih lebar 22 mm, dan lebih pendek 46 mm dari model sebelumnya. Jarakarak sumbu rodanya lebih panjang 50 mm. Prius baru sekarang ditawarkan dengan roda 19 inci.

Bertolak ke Kabin, Prius dibangun di atas kerangka baru yang memungkinkan interiornya menjadi lebih luas karena terbagi menjadi tiga zona, termasuk modul driver, dan panel instrumen.

Di depan pengemudi terdapat layar LCD TFT tujuh inci. Penerangan panel instrumen yang terhubung dengan notifikasi dari sistem bantuan pengemudi Toyota Safety Sense, dengan peringatan yang yang terdiri dari beberapa warna.

Pada aspek keselamatan, sistem Toyota Safety Sense Prius kini memiliki kamera depan yang disempurnakan, dengan kemampuan deteksi dua kali lebih baik dari model sebelumnya.

Hal ini memungkinkan kamera untuk mendeteksi objek terdekat lebih awal sekaligus mengidentifikasi potensi bahaya yang lebih luas seperti adanya objek pinggir jalan. Sensor radar juga telah dipasang di bagian depan untuk mendukung sistem pra-tabrakan, bantuan pelacakan jalur, dan fitur peringatan lintas lalu lintas depan.

Peningkatan jangkauan deteksi juga berarti sistem peringatan pra-tabrakan sekarang mencakup sepeda motor dan kendaraan yang melaju, selain peningkatan penghindaran kendaraan terhadap pejalan kaki.

Sistem pra-tabrakan akan bekerja bersama dengan dukungan alat pendeteksi pejalan kaki yang menyeberang saat kendaraan berbelok dan bereaksi terhadap kendaraan yang melintasi persimpangan.

Fitur pamungkas lain adalah sistem perlambatan kendaraan saat pedal gas dilepaskan dengan beberapa tingkat perlambatan sesuai dengan belokan yang mendekat.

Fitur Steering Assist Prius, juga mampu mendeteksi arah jalan didepan dan menyesuaikan kekuatan power steering untuk membantu menikung dengan lebih halus.(Erwin)

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman