Mooku, Mobil Modifikasi Carry Pick Up Berwajah Mazda Retro

Senin, 19/12/2022 12:08 WIB

mobilinanews (Tokyo) - Memberikan kesan ekslusif pada mobil lawas tentu mengesankan. Salah satu cara paling tepat adalah dengan modifikasi. Kali ini tuner asal Jepang memberikan wajah retro Mazda pada Suzuki Carry.

Sang tuner asal Negeri Samurai Biru telah menmodifikasi kit konversi bertema retro untuk Suzuki Carry. Inovasi ini membuat pick up andalan Suzuki itu, terlihat seperti minitruck Mazda dari masa lalu. Ia menghadirkan wajah tahun 70-an pada Carry tersebut.

Mobil modifikasi ini dinamai, Mooku. Sumber inspirasi Mooku adalah Mazda Porter Cab generasi kedua, yang diproduksi antara tahun 1977 dan 1989. Cita rasa LCV mungil uyang biasanya dipandang enteng di jalan-jalan kota di Jepang sedbagai mobil angkutan barang akhirnya berubah kagum.

Mooku punya tujuan agar membangkitkan nostalgia tahun 70-an pada Carry yang populer itu. Sang tuner memilih Suzuki Carry generasi kesebelas lansiran tahun 2013 sebagai mobil donor, yang dianggapnya masuk akal untuk mencangkok basis wajah retro Mazda Scrum yang direbadged.

Panel depan Mooku yang didesain ulang untuk truk kabin mengikuti garis aslinya. Potongan trim persegi bulat dengan warna hitam menonjolkan lampu depan bundar, yang dipadukan dengan indikator bundar, dan bumper plastik yang tidak dicat.

Mooku ditawarkan dalam beberapa bentuk. Jadi pembeli bisa memilih bilah hitam horizontal di antara lampu depan, atau tampil lebih bersih tanpa itu.

Ada juga opsi lampu depan full-LED yang terlihat jauh lebih modern daripada unit halogen, tetapi hal itu agak menggangu kesan retro yang dimaksud. Terakhir, ada pilihan panel yang bisa dicat dengan warna apa pun sesuai dengan keinginan.

Bodywork Suzuki Carry lainnya tetap tidak berubah, karena minitruck berbentuk kotak ini memiliki tampilan yang cukup umum. Sifat kendaraan yang serba guna berarti kompatibel dengan berbagai jenis tipe bodi, seperti campervan kecil, truk makanan, atau pick up biasa yang ditampilkan di galeri.

Truk Suzuki Carry kei modifikasi ini dilengkapi dengan mesin bensin tiga silinder 658 cc mungil yang menghasilkan tenaga 50 hp dan torsi 59 Nm, yang ditransmisikan melalui empat roda melalui gearbox manual lima kecepatan dan sistem AWD dengan kunci diferensial opsional.

Menurut situs web resmi Mooku, biaya konversi retro adalah ¥258.500 atau setara dengan Rp29,9 juta. Bagi mereka yang doyan dengan Mazda klasik, opsi Carry retro berwajah Mazda ini bisa jadi koleksi yang keren.(Erwin)

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan