Natal 2022 ala Komunitas Balap: Ibadah di Gereja, Dinner Bersama Keluarga Hingga Liburan ke Luar Negeri

Minggu, 25/12/2022 22:08 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Untuk pertama kalinya pada tahun 2022 ini, perayaan Natal bisa dilakukan secara terbuka dengan beribadah secara on site di gereja.

Sebelumnya, selama dua tahun dunia dilanda pandemi Covid-19, sehingga memperingati kelahiran Tuhan Yesus Kristus itu dilangsungkan di kediaman masing-masing.

Ini beberapa aktivitas komunitas balap (motorsport) yang beragama Nasrani merayakan Natal 2022? Berikut di antaranya.

1. Bintang Barlean Ibadah di Gereja Bethesda Jakarta.

Bintang dan Tiffiany Barlean, juara nasional Speed Offroad 2022

Tahun ini, perally juara nasional 2022 Kelas M2 dan Juara Nasional Speed Offroad kelas G1, Geofany Bintang Barlean (17 tahun) merayakan Natal di Jakarta.

Tidak sendiri, Bintang merayakan Natal dengan berkumpul di kediaman Jakarta serta secara bersama-sama melakukan ibadah malam Natal di gereja Bethesda Jakarta, Sabtu (24/12/2022), melainkan juga bersama dengan kedua orang tua dan 3 kakaknya.

Iya, meski tinggal di kota Batam, Kepulauan Riau, keluarga offroader senior Frans Barlean - ayahanda Bintang dan navigator Tiffiany Barlean - yang pengusaha ekspedisi ini, juga memiliki rumah di Jakarta. Tepatnya, di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

2. Sendy Setiawan Ibadah di Gereja dan Dinner 

Keluarga pembalap mobil senior, Sendy Setiawan merayakan suka cita Natal dengan melakukan ibadah malam Natal di Glow Fellowship Centre, Kelapa Gading Jakarta.

Sendy Setiawan (kiri), Dominic, Annabelle dan Angel Stevens, beribadah Natal di gereja

Setelah itu, Sendy yang juga akan turun di ajang Rally nasional pada 2023, melanjutkan dengan makan malam di resto kesayangan bersama dengan Angel Stevens (istri), Dominic (putranya yang pegokart) dan Annabelle (putri bungsunya).

"Merayakan Natal di Jakarta aja, mas. Karena pada 4 Januari 2023 depan, Dominic akan mengikuti event gokart di Malaysia lagi. Eventnya, IAME di sirkuit Shah Alam, 8 Januari," ungkap Sendy yang tengah menggembleng Dominic dan menambah jam terbang di ajang gokart. 

Sebelum pandemi Covid-19, Sendy dan keluarga suka merayakan Natal di Medan, Sumatra Utara, kota asalnya. 

3. Kanaka Azarel Gusasi Rayakan Natal di Los Angeles

Pegokart juara nasional kelas Mini Rok yang kini berlaga di kelas Senior Rok, Kanaka Azarel Gusasi merayakan Natal tahun ini di Los Angeles bersama dengan keluarganya. 

Kanaka Azarel Gusasi (kedua dari kanan), liburan di Los Angeles

"Tak lupa, kami melakukan ibadah Natal, di sela-sela holiday di Los Angeles, Amerika Serikat," ungkap Andre Gusasi, sang ayah. Kanaka selain bersama papa, mama dan kakak perempuannya, juga bersama teman SMA papanya yang juga membawa keluarga pada liburan Natal tahun ini.

"Tahun lalu, kami juga ke sini, om," kata Andre Gusasi.

4. Peter Reinhart Rayakan Suka Cita Natal Bersama Keluarga Beda Keyakinan

Suka cita Natal Peter Reinhart dirayakan keluarga

Pembalap tertua di ajang balap mobil ISSOM Peter Reinhart (68 tahun) merayakan Natal di rumah, dengan istri dan kedua anaknya yang beda keyakinan.

"Istriku dan dua anakku memeluk agama Islam. Dan, aku sendiri yang Katolik. Umur perkawinanku 43 tahun, dan sangat bahagia," ungkap Peter Reinhart yang masih meraih juara 1 di ajang balap mobil ISSOM, di sirkuit Sentul di usia 67 tahun.

Peter Reinhart dan mobil balap andalannya

Istri dan kedua anak serta cucu, ikut merayakan suka cita Natal dengan membawa hadiah dan cucunya memakai topi Santa Claus. 

"Aku merayakan Natal dan Lebaran," terang pria berdarah Nusa Tenggara Timur itu. 

5. David Djaja Liburan ke Aussie Sekalian Survei University

Pembalap mobil ISSOM David Djaja merayakan Natal di Sydney, Australia. "Kebetulan, lagi liburan bersama keluarga, sekalian lihat university bakal saya kuliah. Tadi siang, sempat ke gereja untuk ibadah Natal di sini, om," ujar David Djaja.

Pembalap mobil David Djaja dan adiknya, liburan di Australia

Pembalap asuhan Sunny TS yang turun di kelas ITCR 1500 dan lulusan SMA Bina Bangsa School Jakarta ini, rencananya akan mengambil jurusan Construction Management and Property di University of New South Wales.

Tapi, David akan tetap mengikuti balap mobil ISSOM. "Rencana mulai masuk kuliah September 2023 sih," terang David. 

6. Michael Orlando Usai Ibadah, Kumpul Keluarga Besar

Pegokart kelas Senior, Michael Orlando Kurniawan melakukan ibadah di malam Natal. Yakni pada Sabtu (24/12/2022) bersama dengan papa, mama dan adiknya. 

Michael Orlando (berdiri, tengah), bersama keluarga besar

Ritual berikutnya, "Kumpul dengan keluarga besar di rumah mama, di Cipinang Indah II Jakarta pada hari Minggunya. Iya, kumpul dan makan bersama," kata Bennydictus Kurniawan, ayahanda Michael Orlando. 

7. Hade Mboi Co-Driver Senior Liburan Natal ke Thailand dan Vietnam  

Co-driver senior, Hade Mboi tahun ini merayakan damai Natal di Vietnam dan Thailand.

Co-driver sarat pengalaman international, Hade Mboi bersama keluarga di Vietnam

Hade Mboi yang lama mendampingi perally Subhan Aksa hingga ke ajang World Rally Championship (WRC), memanfaatkan liburan Natal dan tahun baru 2023 ke Vietnam dsan Thailand. 

Tentu, putra dr Andy Nafsiah Walinono Mboi, Sp. A, M. PH mantan Menteri Kesehatan ini tidak sendirian. Melainkan bersama istri dan kedua anak tercinta. (bs)  

 

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!