F1 2022 : 10 Pembalap Terbaik Pilihan 20 Drivers, Anehnya Sergio Perez Hanya di Peringkat 10!

Rabu, 28/12/2022 22:51 WIB

mobilinanews (Inggris) -  Sudah kali kelima dalam 5 tahun terakhir, website resmi f1.com bikin polling 'ecek-ecek' di akhir tahun. Menentukan pembalap terbaik sepanjang musim.

Prosesnya dimulai dengan meminta 20 pembalap yang aktif sepanjang musim 2022 berdasarkan subyektifitas masing-masing.

Karena itu, masih ada nama Sebastian Vettel, Daniel Ricciardo, Mick Schumacher dan Nicholas Latifi meski musim depan sudah pasti out dari grid regular F1.

Ke-20 pembalap itu harus memilih dan membuat peringkat 10 Besar pembalap F1 musim 2022. Pilihannya bebas, boleh masukkan nama sendiri. 

Pilihan itu lantas dikompilasi panitia dengan point system yang berlaku di F1, yakni 25 untuk peringkat pertama, 18 untuk kedua dan seterusnya 1 poin untuk peringkat 10. Tentu saja tak ada bonus poin untuk fastest lap!

Hasilnya, ternyata anak-anak F1 itu terbilang apa adanya dalam menilai. Tak hanya prestasi yang jadi ukuran, tapi bisa jadi ada faktor lain yang sifatnya subyektif untuk menilai kompetitornya. 

Tak mengejutkan jika pembalap terbaik versi pembalap ini jatuh kepada sang juara, Max Verstappen (Red Bull). Menyusul Charles Leclerc (Ferrari) dan duet Mercedes George Russell - Lewis Hsmilton dengan poin sama di peringkat 3 dan 4.

Lando Norris (McLaren) yang jadi satu-satunya pembalap di luar Red Bull, Ferrari dan Mercedes yang meraih podium, menempati peringkat 5 mengalahkan Fernando Alonso dan Carlos Sainz.

Yang mengejutkan adalah Sergio Perez (Red Bull). Ia menempati peringkat 3 klasemen akhir F1 2022. Tapi, di mata para driver F1 lainnya, ia bukan 3 Besar terbaik tahun ini. Nilai yang mereka berikan hanya menempatkan Perez di urutan 8-10 bersama Alex Albon dan Sebastian Vettel.

Sayangnya, dalam polling ini para pembalap tak menyertakan alasan mengapa memilih atau tak memilih seorang pempalap lainnya. Karena itu masih misterius kenapa Perez seperti diabaikan rekan-rekannya meski berada di 3 Besar kejuaraan dunia 2022. (rnp)

10 Pembalap Terbaik F1 Versi Pembalap

PosisiPembalap
1Max Verstappen
2Charles Leclerc
3Lewis Hamilton
4.George Russell
5Lando Norris
6Fernando Alonso
7Carlos Sainz
8Alex Albon
9.Sebastian Vettel
10.Sergio Perez

TERKINI
Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Kualitas dan Penjualan Ngejreng, GAC Aion Jadi Mobil Listrik Terbaik di Dunia Tips Membeli Mobil Matic Bekas dengan Cerdas untuk Kebutuhan Mobilitas Sehari-hari OnePrix 2024 Palopo : Andi Gilang Main di Home Race, Digadang Berjaya Di Tanah Kelahiran Bulukumba Sulawesi Selatan