Terkait Polemik Juara Nasional Rally, Ini Tanggapan Direktur Offroad Olahraga Mobil IMI Pusat

Senin, 09/01/2023 01:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Terkait polemik agar juara nasional tidak hanya kategori Group, namun juga berdasarkan Kelas, mendapat respon dari IMI Pusat.

Melalui Fredrik T Moeladi selaku Direktur Offroad Bidang Olahraga Mobil IMI Pusat. "Yang mempersoalkan kategori Kejurnas di ajang rally, berarti mereka tidak pernah membaca Peraturan Perlombaan yang dibuat oleh masing-masing Komisi! Cabor (cabang olahraga). Itu aja sih intinya," ujar Fredrik.

Fredrik menambahkan, untuk penentuan juara nasional olahraga mobil, IMI mengacu pada FIA (Federasi Olahraga Mobil Dunia). Dan, para juara nasional olahraga mobil, penghargaannya akan diserahkan pada event IMI Award.

"IMI Award pun juga mengikuti FIA Award dan penghargaan hanya kepada Juara Umum 1 dan Juara 1 Group dan Kategori," terang Fredrik yang juga seorang navigator senior.

Dan menurut dia, sudah jelas disebutkan apa yang diperebutkan di Peraturan Perlombaan Rally dan Sprint Rally yang dikeluarkan Bidang Olahraga Mobil IMI Pusat.

"Kalaupun ada usulan untuk Juara Kelas mendapatkan Penghargaan IMI Award ya seharusnya dibuat secara tertulis dan resmi ditujukan kepada email WKU dan Komisi Cabor masing-masing, bukan dengan gembar gembor melalui Sosmed dan media," lanjut Fredrik.

"Kalau ada Surat Tertulis Resmi kan bisa dijadikan bahasan pada Rapat Pleno. Kalau hanya satu atau dua individu yang heboh melalui Sosmed, itu tidak merepresentasikan Komunitas, tapi mereka tidak pernah membaca Peraturan Perlombaan," kata Fredrik mengulang. 

"Kalau bisa saya sanggah, karena sejak Komisi dipegang oleh Rifat Sungkar, dia selalu melakukan sosialisi dengan Komunitas sebelum mengeluarkan revisi Peraturan Kejurnas tahun mendatang."

Kemudian, tambah Fredrik, akan dirumuskan dan diajukan pada Rakornis tahun berjalan untuk Peraturan Perlombaan tahun berikutnya.

"Setelah Perumusan pada Rakornis tahun berjalan, baru disahkan pada Rakernas IMI tahun berjalan sebagai Peraturan Perlombaan tahun berikutnya. Begitu kan jalurnya," beber Fredrik.

"Ya kan seharusnya diajukan melalui Surat Peemohonan resmi, agar dapat diproses selanjutnya baik melalui internal memo maupun Pleno. IMI ini kan skala Nasional. Organisasi IMI tidak lepas dari birokrasi organisasi yang sebagian besar Pengurus-nya juga adalah voluntir, sehingga sangat-sangat sulit jika harus menanggapi permohonan-permohonan secara lisan," imbuh Fredrik.

Meski begitu, lanjut Fredrik, bukan berarti IMI anti masukan. "Jika sebelumnya diajukan Surat Permohonan kepada IMI Pusat untuk Sertifikat IMI Award bagi Juara-juara 1 Kelas, mungkin masih bisa diterima, dan Sertifikat IMI Award dikirim kepada Pembalap melalui Pengprov sesuai domisili KTA IMI," jelas Fredrik.

"Barusan dapat info dari Om Jeffrey JP (Ketua Badan Pengawas IMI Pusat), ada 300 Piala IMI Awards untuk tahun 2021 dan 2022 di IMI Awards pada 18 Februari mendatang di Ballroom Hotel Sultan Jakarta. Untuk penyerahan piala saja diperkirakan memakan waktu 5 jam," pungkas Fredrik. (bs)

TERKINI
PEVS 2024 : Motor Listrik Gesits untuk Semua Kalangan, Cicilan Ringan, Konsumen Bisa Memiliki Tanpa Uang Muka Wuling Cloud EV, Mobil Listrik Futuristik Dilengkapi Fitur Lengkap dan Canggih PEVS 2024: Keeway EV Hadirkan 5 Model Terbaru dengan Subsidi Besar, Awas Jangan Sampai Lolos BYD Bakal Buka Pabrik di Subang Jawa Barat, Ribuan Pekerja Telah Dinanti