Melihat Mobil Konsep BMW Penuh dengan Warna Lewat Teknologi i Vision Dee

Senin, 09/01/2023 09:30 WIB

mobilinanews (Nevada) - BMW datang ke ajang Consumer Electronics Show atau CES 2023 di Las Vegas dengan sebuah visi baru dalam pengembangan teknologi. Dalam pameran itu BMW membawa konsep BMW i Vision Dee yang menghebokan.

Konsep BMW i Vision Dee membuat semua orang bersemangat tentang bagaimana Seri 3 berikutnya yang akan datang pada tahun 2025 dengan sebuah loncatan besar dalam teknologi.

Konsep ini menjadi tontotan semarak karena tubuh mobil Seri 3 itu dipenuhi dengan ragam warna berjalan. Bukan hanya itu, desain bodi Dee juga bikin heboh.

Teknologi yang disematkan menampilkan panel bodi yang berubah warna dan BMW baru saja merilis banyak video yang menunjukkan kerja fitur tersebut saat beraksi.

Jika awalnya Teknologi BMW i Vision Dee itu hanya dapat mengubah tampilan panel bodinya antara putih, hitam, dan abu-abu. Untuk pertunjukan tahun ini, teknologinya telah ditingkatkan menjadi warna penuh, dan hasilnya sangat menakjubkan.

Panel bodi dengan trik Dee memungkinkan pengemudi memilih warna yang diinginkan dari 32 warna berbeda yang tersedia. Namun hal menariknya adalah masing-masing segmen e-paper 240 E Ink pada bodi dapat dikontrol secara individual.

Dee lebih dari versi digital dari Volkswagen Harlequin Polo tahun 1990-an, ia mampu menampilkan pertunjukan cahaya pada keempat roda mobil. Teknologi pengubah warna bahkan meluas hingga ke gril dan roda.

Teknologi E Ink berasal dari perusahaan yang berbasis di AS dengan nama yang sama dan terdiri dari lapisan film pada permukaan panel mobil dengan pigmen mikrokapsulnya berubah saat terkena listrik.

Teknologi film itu diklaim mengkonsumsi daya yang sangat kecil, yang merupakan pertimbangan penting di era listrik. Meskipun demikian teknologi itu masih perlu dikembangkan karena dibutuhkan pengawasan khusus dari serangga dan pencucian mobil sehingga tidak terjadi kerusakan.

Meskipun masih ada kendali soal pengawasan harian. Namun teknologi ini bukan hanya pada prototype BMW Dee tapi ke depan kita akan melihat sesuatu yang serupa di jalan dalam beberapa tahun mendatang.

Dee berarti pengalaman emosional digital, tetapi konsep i Vision terbaru ini tidak hanya menggoda emosi dengan kemampuannya untuk berubah dari warna kelam dan murung menjadi warna ceria penuh kehidupan.

Mobil ini juga dapat berkomunikasi menggunakan ikon phygital seperti avatar yang akan muncul di kisi-kisi dan jendelanya.

Lampu depan mobil dapat berubah bentuk dan ukuran, memberikan salam selamat datang melalui pesan suara dan kaca jendela samping juga mampu menampilkan pesan bahkan menghadirkan avatar ukuran penuh dari pengemudi saat dia berjalan ke pintu.(erwin)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas