Mazda Kena Imbas Airbag Takata

Sabtu, 09/01/2016 16:32 WIB

mobilinanews - Mazda Motor Corp berencana akan menarik (racall) sebanyak 374.000 unit kendaraannya yang dijual di Amerika Serikat terkait airbag produksi Takata yang disinyalir berpotensi masalah.

Produsen mobil asal Jepang tersebut mengatakan bahwa rencana penarikan tersebut terpaksa dilakukan setelah Takata mengumumkan hasil pengujian airbag mereka bermasalah pada bagian inflators yang bisa menghasilkan serpihan dan melukai penumpang saat meledak.

Dikutip dari Reuters.com, recall ini meliputi produk Mazda6 lansiran 2003-2008, Mazda Speed6 lansiran 2006-2008 dan Mazda RX8 buatan tahun 2004.

Sebelumnya, 9 orang dilaporkan meninggal dan 100 orang lainnya menderita luka akibat terkena serpihan inflators airbag Takata yang meledak. Buntutnya terjadi recall besar-besaran sepanjang sejarah Amerika Serikat yang meliputi 23 juta inflators airbag di 19 juta kendaraan yang diproduksi oleh 12 perusahaan mobil dunia.

Dari laporan NHTSA bulan lalu, seperempat dari jumlah kendaraan yang di recall tersebut sudah ditangani, termasuk sepertiga dari kendaraan yang ada di daerah kelembaban tinggi, yang dipercaya menjadi daerah yang beresiko tinggi mengalami airbag pecah. Namun masih tertinggal sekitar 15 juta unit kendaraan lagi yang belum mendapat penanganan.

Atas pelanggaran ini, Takata menyetujui untuk membayar denda sebesar $70 juta pada bulan November lalu, dengan total pinalti yang ditangguhkan sebesar $130 juta.

Inflators airbag Takata mengeluarkan serpihan yang bisa melukai penumpang saat meledak

TERKINI
Honda FL5 dan Hyundai TCR Yang Diangkut Pesawat ke Malaysia, Ternyata Oleh Perusahaan H Andy Surya Santosa Yang Perally Segera Download Aplikasi GASPOLL by IMI, Dan Dapatkan Banyak Benefit Dengan Memiliki KTA IMI PEVS 2024 : Yuk Jajal Langsung dan Rasakan Sensasi Naik Motor Listrik Honda MotoGP 2024: Adaptasi Sudah Beres, Tiba Saatnya Marc Marquez Ngegas GP23 Melawan GP24