Daihatsu Optimis Kendaraan Segmen LCGC Tetap Tumbuh di 2023, Sigra Masih Menjadi Andalan

Selasa, 17/01/2023 14:38 WIB

mobilinanews (Jakarta) - PT Astra Daihatsu Motor selaku produsen kendaraan merek Daihatsu optimis pasar mobil Low Cost Green Car (LCGC) bakal tetap tumbuh di tahun ini yang disebut sebagai tahun penuh kewaspadaan terhadap resesi yang menghantui dunia.

Hal tersebut disampaikan langsung Sri Agung Handayani selaku Direktur Marketing dan Direktur Corporate Planning & Communication PT Astra Daihatsu Motor (AHM) pada media gathering di Hotel Sultan Senayan, Jakarta, Selasa (17/1/2023).

“Market LCGC tahun 2018 dan 2019 first buyer-nya 90 persen. Pada 2022 tersisa 70 persen. Karena pandemi, first buyer sangat terganggu. Itu indikasi dari daya beli. Konsumen LCGC sekitar 18-20 persen,” kata Agung.

“Konsumen segmen LCGC sekitar 18-20 persen. Maka kita sangat senang jika pemerintah masih memberikan relaksasi seperti yang dilakukan selama masa pandemi hingga September 2022 lalu,” tambahnya.

Maka Agung juga bakal menyambut positif jika pemerintah masih melanjutkan program relaksasi pada segmen mobil LCGC pada tahun ini. 

"Karena dengan begitu, daya beli konsumen Tanah Air diperhitungkan bakal meningkat," ungkapnya

Lebih lanjut Agung menjelaskan, meski first buyer atau pembeli mobil pertama menurun akibat pandemi Covid-19, namun ada peningkatan dari daftar pembelian kredit.

Daihatsu pun memastikan bakal mempermudah konsumen untuk mendapatkan mobil pada tahun ini.

“Dari pembelian kredit tadinya 70 persen, naik jadi 80 persen. Kita bakal beri kemudahhan tenor hingga 7 tahun. Biasanya 4 tahun,” tambah dia.

Seperti diketahui, model passenger car dan LCGC Daihatsu Sigra masih menjadi backbone penjualan Astra Daihatsu Motor pada dua tahun terakhir atau saat pandemi Covid-19, dan tahun ini, dengan mencetak penjualan tertinggi. (bs)

TERKINI
Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9 Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 305 Ducati Pecahkan Rekor MURI di Event We Ride As One di Candi Prambanan Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali