WRC 2023 Monte Carlo: Geber Ford Puma Tanpa Gigi 5, Tanak Beri Perlawanan Perally Toyota dan Hyundai

Jum'at, 20/01/2023 13:15 WIB

mobilinanews (Monaco) - Keluar dari tim pabrikan Hyundai dan berlabuh balik ke tim M-Sport Ford sepertinya Ott Tanak tak butuh proses adaptasi  lama dan ribet.

Itu dibuktikan pereli Estonia itu dalam dua SS (Special Stage) Rally Monte Carlo yang berlangsung Kamis (19/1) malam hingga Jumat (20/1) dinihari waktu Prancis atau Jumat (20/1) subuh WIB.

Ia memang finish hanya P3, di bawah duet tim Toyota Gazoo Racing - Sebastien Ogier dan Elfyn Evans. Ia defisit waktu 15,4 detik dari Ogier. 

Selisih waktu yang bisa dimaklumi karena punggawa tim M-Sport Ford dengan besutan Ford Puma itu alami gangguan electric dan transmisi sepanjang 2 SS yang ditempuh.

Dalam perjalanan ke SS pembuka, mobil Tanak sama sekali tak bisa masuk gigi 5. Sialnya, ia tak bisa berbuat apa-apa karena para mekaniknya sudah menuju SS2.

"Benar-benar berjuang pada setiap kali perpindahan gigi. Gigi 5 sama sekali tak berfungsi," tukas juara dunia WRC 2019 (bersama Toyota Gazoo Racing) itu.

Karena itu ia bersyukur masih busa finish di 3 Besar. Mengalahkan mantan rekan setimnya di tim pabrikan Hyundai, Thierry Neuville dengan selisih hanya 0,1 detik.

Neuville sendiri, seperti halnya juara dunia bertahan Kalle Rovanpera (Toyota Gazoo Racing) alami masalah di SS2. Mobil mereka slip di tikungan yang penuh bongkahan es.

Rovanpera lebih dulu jadi korban dan mencapai finish di urutan 5, di atas Dani Sordo (Hyundai) di urutan 6.

"Saya tak tahu apa yang terjadi. Saya melihat rintangan itu tapi sudah terlambat bereaksi," ucap Neuville yang jadi andalan tim Hyundai pasca kepergian Tanak.

Pereli Hyundai lainnya, Esapekka Lappi, mencapai finish di urutan 8. Ia akui belum sepenuhnya mampu memahami karakter Hyundai i20 Rally1 setelah sekian lama bersama Toyota.

Ia baru membesut Hyundai tahun ini untuk menggantikan posisi Tanak yang hijrah ke M-Sport Ford.

Pada Jumat (20/1) hari ini, reli berlangsung 6 SS dengan jarak total kompetisi 105,34 km. Masihkah Tanak melawan? (rnp)

 

 

 

 

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Menyelenggarakan Diskusi Inspiratif yang Membahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid: MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap OnePrix 2024 Palopo : Insiden Sikut dan Dorong Oleh Riki Ibrahim, Akibatkan Pembalap Kehilangan Posisi, Harusnya Disanksi