Cara Mengecek Kualitas Oli Pada Mobil

Minggu, 10/01/2016 21:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Beberapa orang mungkin ingin mengetahui kelayakan oli pada mobil tanpa pergi ke workshop atau bertanya ke mekanik. Berikut ini beberapa langkah untuk mengecek oli/pelumas pada mobil.

Pertama : Pastikan mesin mobil dalam keadaan mati dan tidak panas. Bila baru mematikan mesin tunggu beberapa menit untuk memastikan oli mobil dalam keadaan dingin dan oli sudah menetap dibagian bawah bak penampung oli.

Kedua : Buka Kap mesin. Hampir semua mobil memiliki tuas penyangga kap mobil,tarik tuas dan pasang pasak tenda. Pastikan kap benear-benar terbuka lebar dan kokoh di posisinya. Pastikan kendaraan pada permukaan yang datar

permukaan yang tidak dalam keadaan tidak rata tongkat atau dispstik akan memberikan pembacaan yang tidak akurat. Hal ini dilakukan terbaik di sebuah pompa bensin di mana permukaannya datar.

Ketiga : Buka tutup oil control ambil dipstik lalu bersihkan mengunakan lap. Masukkan kembali ke lubang oil control.  Dipstick akan terhubung ke tangki minyak di mesin Anda, dan digunakan untuk menentukan berapa banyak minyak masih dalam tangki minyak.

Untuk memerikasa hal tersebut pastikan dipstik dalam keadan bersih. Kebanyakan dipstick sering terletak di dekat bagian depan mesin mobil. Ketika memberikan tarikan itu harus  keluar dengan lancar.

Jika Anda tidak yakin  dipstick terhubung ke tangki minyak, periksa manual user yang datang dengan mobil Anda mungikin rekan yang berpengalaman dengan hal ini. Masukkan kembali dipstick ke lubang control oli. Hati-hati saat menempatkan dipstick kembali ke pipa terhubung ke tangki minyak. Dorong semua ke bawah sampai benar-benar dimasukkan kembali.

Keempat : Bersihkan dipstick untuk kedua kalinya untuk mengukur tingkat oli mobil agar lebih akurat. Lihatlah akhir dipstick untuk melihat di mana dipstik yang terkena minyak berakhir. Akhir dipstik akan terlihat kata “add” menjelang akhir, dan “penuh” ke tengah.

Jika tanda oli mobil mencapai hingga atau di bawah garis add, saatnya untuk menambahkan lebih banyak oli mobil.

Jika oli mobil dekat garis lengkap, Anda tidak perlu untuk menambahkan lebih banyak oli mobil.

Yang terakhir langkah dari pemeriksaan kualitas mobil yakni : Tentukan apakah oli mobil perlu diganti. Selain Anda perlu memeriksa kuantitas minyak, juga harus memeriksa kualitas oli mobil. Oli mobil harus terlihat bersih dan halus. Jika oli terlihat berkurang, kotor, kasar, hitam dan encer dan mengandung serpihan logam (gram), maka oli tersebut perlu diganti.

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda