F1 2023: Launching Team di New York, Red Bull Racing Bakal Gandeng Ford

Selasa, 31/01/2023 01:17 WIB

mobilinanews (AS) - Red Bull Racing untuk pertama kalinya akan gelar team launching di bumi Amerika Serikat. Tepatnya di New York pada 3 Februari 2023. Ada rencana apa di belakang layar?

Pasti bukan kebetulan tim juara dunia ini memilih AS sebagai arena memperkenalkan livery RB19 dan line up pembalap Max Verstappen dan Sergio Perez.

Yang jelas adalah aspek marketing karena perkembangan F1 yang tumbuh drastis di AS.

Tak hanya populasi penggemar, tapi juga jumlah event yang bertambah. Mulai tahun ini negeri tersebut menggelar 3 race F1di Miami, Las Vegas dan Austin Texas. 

Industri otomotif AS pun ikut bergejolak. Dua pabrikan raksasa juga kepincut main di F1, yakni Ford dan General Motors lewat Cadillac.

Buat Ford, laga di F1 sudah pernah dilakoni sebagai pemasok mesin di era 1990-an hingga musim 2004.

Buat Cadillac, jika jadi, ini peran perdana di F1 yang tadinya bukan balap.popular di sana, kalah dengan gemerlap IndyCar.

Cadillac dikabarkan akan bermitra dengan tim Andretti F1 yang tengah berjuang menjadi tim baru di F1.

Rumor panas yang mengikutinya adalah kemungkinan Ford akan bermitra dengan Red Bull Racing

Saat ini tim Austria itu membangun mesin sendiri dengan nama Red Bull Power Trains (RBPT) namun bukan rahasia lagi kalau itu adalah mesin Honda.

Isu seputar kolaborasi Ford dengan Red Bull ini sudah ramai di beberapa media motorsport dunia, namun sejauh ini sama sekali tak ada konfirmasi dari kedua pihak.

Juga belum jelas apakah kemitraan ini dalam jangka waktu dekat atau persiapan ke musim 2026 bersamaan dengan regulasi baru F1.

Yang jelas, Ford akan ikut meramaikan launching RB19 nanti di New York dengan mengirimkan para influencer media sosial mereka.

Ini lantas diindikasikan media kalau memang sudah ada 'apa-apa' antara Ford dengan Red Bull.

Up date seputar hubungan keduanya diharapkan muncul saat atau seusai acara 3 Februari nanti.

Red Bull sendiri adalah tim nonpabrikan yang sudah beberapa kali berganti pemasok mesin. Saat mendarat kali pertama di F1 pada 2005, mereka gunakan mesin Cosworth.

Setahun kemudian beralih ke Ferrari, Renault dan terakhir Honda. Sukses terbesar diraih bersama Renault. Empat gelar konstruktor diraih bersama pabrikan Prancis itu. Bersamaan dengan 4 gelar juara dunia pembalap lewat Sebastian Vettel.

Akankah Ford menjadi pabrikan kelima? (rnp)

 

 

TERKINI
Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9 Spesifikasi Seres E1 yang Meraih Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 305 Ducati Pecahkan Rekor MURI di Event We Ride As One di Candi Prambanan Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali