Tips : 4 Langkah Mudah Merawat Helm

Selasa, 12/01/2016 19:19 WIB

mobilinanews  - Saat ini fungsi helm tidak lagi sekadar melindungi kepala saja, lebih dari itu, helm menjadi ajang adu gengsi di antara pemotor. Semakin bermerek helm yang dipakai, tentu harganya makin selangit.

Namun sayangnya, banyak yang orang yang memiliki helm branded tidak mengerti bagaimana cara memberikan treatment agar `helm mahalnya` tetap terawat tanpa harus dititipkan di tempat pencucian helm.

Nih, tips mudah merawat helm :

1. Bagian kaca (visor) merupakan bagian penting pada helm. Kadang visor helm tersebut dibiarkan kotor sehingga mengganggu pandangan di kala berkendara. Padahal cara merawatnya sangatlah mudah. Tinggal lepas visor dari helm kemudian semprotkan air agar kotoran ataupun pasir-pasir halus yang menempel lepas. Hindari menyeka permukaan visor kalau masih dirasa ada kotoran atau pasir yang menempel, karena hal tersebut pasti menyebabkan baret pada kaca. Jangan sembarangan menggunakan bahan pembersih dan pewangi. Gunakanlah sabun cair tanpa campuran kimia dan alkohol. Setelah itu keringkan dengan tisu atau kain lembut.

2. Membersihkan busa helm juga ada caranya sendiri. Lepas busa kemudian cuci menggunakan air hangat dan sabun khusus tanpa disikat. Bilas sampai bersih kemudian cukup diangin-anginkan saja. Jangan pernah mencoba mengeringkan paksa menggunakan hairdryer atau dijemur di bawah matahari langsung.

3. Terakhir adalah bagian batok helm. Semprot seluruh permukaan helm menggunakan air agar kotoran yang melekat bisa terlepas. Untuk bagian yang susah dijangkau oleh jari, gunakan alat bantu seperti sikat gigi atau cutton buds. Biarkan kering kemudian poles menggunakan wax kemudian lap sampai mengkilat.

4. Jangan terlewat untuk melumasi bagian-bagian engsel dudukan visor agar tetap lancar saat dibuka-tutup.

Mudah dan sangat sederhana bukan? Selamat mencoba! (MiZ)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Menyelenggarakan Diskusi Inspiratif yang Membahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid: MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap OnePrix 2024 Palopo : Insiden Sikut dan Dorong Oleh Riki Ibrahim, Akibatkan Pembalap Kehilangan Posisi, Harusnya Disanksi