F1 2023: Peringatan Buat Mercedes, Ini 2 Faktor Yang Bisa Membuat Lewis Hamilton Pergi

Rabu, 22/02/2023 01:15 WIB

mobilinanews (Inggris) - Lewis Hamilton  ingin lebih lama lagi di tim Mercedes. Team Principal Mercedes Toto Wolff pun yakin juara dunia F1 7 kali itu siap perpanjang kontrak beberapa tahun ke depan.

Tapi, tak demikian halnya di mata Jenson Button, mantan rekan setim Hamilton di McLaren pada 2010-2012. Juara dunia 2009 itu menyebut rekan senegaranya itu akan pergi jika W14 besutan tim Mercedes di musim 2023 tak kompetitif dalam perebutan gelar juara.

"Jika tak mendapatkan winning car  ia akan out. Itu yang terjadi pada para juara saat memutuskan pensoun. Itu yang membuat saya memutuskan berhenti balapan. Anda bisa kendalikan semua tekanan saat punya mobil pemenang. Jika tidak maka yang harus dilakukan adalah keluar," kata Button.

Selama ini Mercedes memasok mobil pemenang yang memungkinkan Hamilton meraih 6 gelar bersama Mercedes setelah sebelumnya meraih gelar perdana bersama McLaren. Tapi, di musim 2022, W13 sama sekali tak mampu bersaing di papan atas. Kalah telak dibandingkan Max Verstappen (juara dunia 2021 dan 2022).

Semakin buruk karena Hamilton sama sekali tak pernah menang di serial lomba 2022. Kali pertama dalam 16 musim karirnya di F1. Menderita sejak awal musim, dihajar isu porpoising dan stabilitas buruk W13. Satu-satunya kemenangan Mercedes pun jatuh ke tangan driver muda George Russell yang baru naik ke tim Mercedes pada 2022 itu.

Kalaupun W14 kompetitif tahun ini, masa depan Hamilton juga ditentukan oleh performa rekan satu timnya. Jika kalah bersaing dengan Russell seperti tahun lalu, menurut Button, maka itu juga saat yang memungkinkan Hamilton memilih pensiun.

"Mereka pasangan hebat. George akan berikan tekanan hebat buat Lewis, dsn ini sangat menarik. Saya tak sabar menanti rivalitas mereka, menyaksikan pertarungan mereka," imbuh Button lewat SkySport F1.

Di sisi lain, Russell sudah jauh hari sudah beri sinyal perlawanan kepada sang senior. Jika W14 kompetitif maka ia pun siap tarung di level atas melawan Hamilton maupun para driver Red Bull dan Ferrari. (rn)

 

 

 

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Menyelenggarakan Diskusi Inspiratif yang Membahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid: MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap OnePrix 2024 Palopo : Insiden Sikut dan Dorong Oleh Riki Ibrahim, Akibatkan Pembalap Kehilangan Posisi, Harusnya Disanksi