Talkshow Pembalap 3 Generasi di IIMS 2023: Ternyata Alinka Hardianti Pernah Nyuri-Nyuri Main Gokart, Jeje Malah Sempat Bermusik

Rabu, 22/02/2023 21:08 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Ketahuan sekarang, ternyata Alinka Hardianti pernah nyuri-nyuri bermain gokart saat baru mengawali balap. Dan gokart, memang merupakan basic dari pembalap yang akan berkiprah di ajang balapan roda empat (mobil).

Rudi MF (Project Manager IIMS) bersama para narasumber Parade dan Talkshow 3 Generasi

Namun Didi Hardianto, sang ayah, sebelumnya wanti-wanti tidak mengizinkan putri pertamanya itu latihan gokart. Alasannya, “Dengan struktur mobil gokart itu, kan bisa membahayakan bagian peranakan (kandungan) kalau untuk cewek,” ucap Didi Hardianto pada acara Parade dan Talkshow Pembalap 3 Generasi di arena pameran IIMS 2023, JI-Expo Kemayoran Jakarta, Rabu (22/2/2023) sore.

Rudi MF serahkan plakat cendera mata kepada Naufal Rafif Busro

“Waktu itu, saya diem-diem latihan gokart rental. Dan sekarang, akhirnya papa sih udah tahu..,” senyum Alinka Hardianti yang juga hadir sebagai nara sumber pada acara gelaran Mobilinanews dan PT Dyandra Promosindo di pameran otomotif IIMS itu.

Dari keluarga Didi Hardianto merupakan legenda slalom Indonesia dan Direktur Utama PT Sarana Sirkuitindo Utama (pengelola sirkuit Sentul International), selain Alinka peslalom juara nasional dari Toyota Gazoo Racing Indonesia, juga sang adik Alvito Hardianto pembalap mobil juara kelas ETCC Master 2022.

Abraham Busro

“Saya jadi pembalap karena darah turunan dari opa (kakek) mendiang Henky Iriawan, meski saya belum sempat bertemu dengan beliau. Tapi secara langsung ya dari ayah (Stanley Irawan). Puji syukur saya sempat menjadi juara nasional 7 kali di gokart, juara balap mobil Clio Cup serta juara Formula Renault di Cina,” ungkap Yasuo Senna Irawan. Senna hadir ditemani ibu Yani, sang mama.

Calvin Wibowo

Julian Johan (akrab disapa Jeje) bercerita bahwa sebenarnya dia diberi pilihan untuk menekuni hobi, tidak harus otomotif seperti dilakoni Ismail Johan yang ayah dikenal sebagai perally, offroader hingga pembalap mobil.

“Justru di luar otomotif. Maka saya dibeliin seperangkat alat music waktu SMA. Tapi gak gitu minat. Baru setelah lulus SMA, saya main otomotif. Fokus offroad, 4x4, dan telah beberapa tahun ini jadi vlogger offroad dan juga rally. Pesan dari papa, apapun pilihan saya, penting lakukan bisa bermanfaat bagi banyak orang dan personality yang baik,” terang Jeje.

Aditya Wibowo

Sang adik, Jordan Johan pembalap andalan Toyota Gazoo Racing Indonesia yang pada Desember lalu berlaga di sirkuit Fuji Jepang, juga ikuti pesan sang ayah dan jejak sang kakak. “Pilihan saya di balap mobil, dan saya akan tekuni secara professional. Insyaallah, dengan Agya GR Sport baru bisa menjadi juara nasional musim ini,” ujar runner up kelas ITCR 1200 Kejurnas Balap Mobil ISSOM 2022.

Alinka Hardianti

Abraham Busro, pembalap mobil juara nasional kelas ETCC (European Touring Car Championship) Novice 2017 mulai turun sebagai pembalap pada 2013 bersama tim Gazpoll Racing Team milik Tomi Hadi.

“Perjuangan tidak mudah dan cukup lama untuk bisa menjadi juara nasional. Namun setelah Naufal mulai ikutan balap, saya pilih pensiun dini. Agar bisa ngurusin dia. Alhamdulillah, 2 tahun ini Naufal dikontrak sebagai pembalap Honda Racing Indonesia, jadi mengurangi biaya. Tapi untuk drifting ya masih dari kantong ayahnya hehe,” beber Pak Abe, ayahanda Naufal yang seorang pengusaha pertambangan.

Alvito Hardianto

Naufal Rafif Busro, sang anak yang baru saja menerima 3 trofi juara nasional pada IMI Awards 2022 di Golden Ballroom Sultan Hotel Jakarta, Sabtu (18/2/2023) bahwa tahun ini dia akan tetap turun di balap mobil dan drifting.

“Masih di 2 cabor itu, om. Semangatnya bisa mempertahankan gelar juara nasional dong,” senyum Naufal, wonder boy balap mobil Indonesia.

Didi Hardianto

Bayangkan saja, ia sudah menjadi juara nasional kelas ITCR 1200 pada usia masih sangat muda, 15 tahun, pada 2021. Pada tahun lalu, Naufal mencetak double national championship : balap mobil kelas ITCR 1200 dan drifting kelas Pro (paling tinggi levelnya).

Keluarga balap Andy Wibowo hadirkan Aditya Wibowo dan Calvin Wibowo, sang anak yang masing-masing telah 2 kali meraih juara nasional di ajang gokart. Calvin juara nasional kelas Cadet 2017 dan 2018, sedangkan Aditya juara nasional kelas Kadet 2016 dan juara kelas Junior 2022. Bahkan Aditya Wibowo telah mengecap sebagai juara gokart Asia yang digelar di Macau, 2019.

Jordan Johan

Sang ayah, Andy Wibowo yang merupakan pembalap serbabisa, mulai dari balap motor di usia 13 tahun di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, dilanjutkan dengan motorcross, dan sebagai pembalap mobil skuad Jakarta Surabaya Center bersama Roy Haryanto di ISSOM sirkuit Sentul International.

Julian Johan

"Lalu pada 2015, Pak Andy mulai terjun ke balap gokart, sekaligus menjadi mentor dua putranya, Aditya dan Calvin. Setelah itu, lebih banyak mensupport dua putra hingga balapan dan tinggal di Italia hampir setahun, sebelum ditarik pulang ke Tanah Air karena berlangsung pandemi," terang Daniel Panjaitan, sang kerabat dekat yang mewakili Andy yang tengah di Eropa untuk urusan bisnis.

Yani Stanley Iriawan

“Karena sudah 2 kali juara nasional, dan cukup lama di gokart, saya segera akan turun di balap mobil ISSOM. Pakai Honda Brio. Mudah-mudahan bisa tahun ini latihan dulu, tahun depan biar siap mengikuti balapan,” ungkap Aditya yang siswa kelas 2 SMP Al-Azhar Pusat, Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Calvin yang masih aktif di gokart, telah mencanangkan obsesi tinggi. “Pertama, tahun ini target saya bisa menjadi juara nasional kelas Junior seperti abang. Kalau cita-cita besar saya, obsesi saya, bisa menjadi pembalap F1. Mohon doanya,” tegas Calvin, adik dari Aditya Wibowo.

Yasuo Senna Iriawan

Acara Parade dan Talkshow Pembalap 3 Generasi yang dipandu Budi Santen (Editor-in-Chief) dan host Emmelyn Laode tak terasa berlangsung hampir 1,5 jam. Semoga cerita beberapa pembalap bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang yang interest masuk dunia balap. (bs)              

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman