F1 2023 Bahrain: Alonso Kembali Menggebrak, Taklukkan Verstappen di Sesi Latihan Resmi, Akankah Berlanjut ke Race?

Jum'at, 03/03/2023 20:56 WIB

mobilinanews (Bahrain) - Penampilan apik Fernando Alonso di atas AMR23 saat tes pra musim terbukti bukan kebetulan. Pada sesi resmi pun ternyata oke.

Itu tergambar pada sesi FP1 GP Bahrain di Sirkuit Sakhir, Jumat (3 Maret 2023) pagi waktu lokal atau petang WIB. Menggeber Aston Martin bermesin Mercedes, driver Spanyol berusia 41 tahun itu sukses menaklukkan Max Verstappen, juara dunia bertahan dari kubu Red Bull.

Yang tercepat adalah Sergio Perez, rekan setim Vertappen, yang membawa RB19 besutannya mencetak waktu tercepat 1 menit 32,758 detik.

Alonso di peringkat 2 dengan selisih 0,4 detik dan Verstappen di urutan 3 dengan gap 0,6 detik dari Perez. Artinya Alonso menekuk Verstappen 0 2 detik.

Itu komposisi menarik karena ketiganya mencetak best time masing-masing dengan menggunakan ban lunak.

Jadi lebih menarik karena rekan Alonso di Aston Martin, Lance Stroll, bisa finish ke-6 di bawah Lando Norris (McLaren) dan Charles Leclerc (Ferrari) di posisi 4 dan 5.

Pasalnya, Stroll tak ikut dalam tes pra musim akibat kecelakaan bersepeda yang mencederai kedua tangannya. Kesimpulan sementara, keandalan mobil yang membantunya masuk 6 Besar.

Leclerc sendiri mencetak best lap-nya dengan ban medium dan ia jadi pembalap tercepat yang gunakan kompon tersebut.

Begitu pula dengan duet pembalap Mercedes, Lewis Hamilton dan George Russell, sepanjang sesi latihan hanya menggunakan ban medium. Keduanya berada di urutan 10 dan 11 tercepat. Mercedes dan Ferrari tampaknya ingin menghemat jatah ban lunak mereka.

Seperti seusai tes pra musim, Alonso dan Aston Martin tak langsung jumawa dengan hasil sementara ini. Mereka tak ingin terlena namun hanya terus berupaya  meningkatkan keandalan AMR23.

"Kami memasang lebih dari 250 sensor di dalam mobil. Ini akan digunakan para insinyur kami untuk pengembangan," tulis manajemen Aston Martin lewat keterangan resminya, untuk menegaskan betapa seriusnya upaya tim menyodok ke persaingan level atas.

Sesi FP2 akan berlangsung beberapa saat lagi, tentunya dengan suhu lintasan yang berbeda dari FP1.

Masihkah Alonso dan AMR23 menggebrak? (rn)

TERKINI
Honda FL5 dan Hyundai TCR Yang Diangkut Pesawat ke Malaysia, Ternyata Oleh Perusahaan H Andy Surya Santosa Yang Perally Segera Download Aplikasi GASPOLL by IMI, Dan Dapatkan Banyak Benefit Dengan Memiliki KTA IMI PEVS 2024 : Yuk Jajal Langsung dan Rasakan Sensasi Naik Motor Listrik Honda MotoGP 2024: Adaptasi Sudah Beres, Tiba Saatnya Marc Marquez Ngegas GP23 Melawan GP24