Jurus Jitu Hadapi Jalan Berlubang dengan Aman Ala Auto2000, Ini Detailnya!

Rabu, 08/03/2023 01:22 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Hujan yang turun sepanjang hari ditambah dengan muatan berat truk banyak merusak jalan hingga berlubang. Selain mengganggu kenyamanan, lubang berpotensi menimbulkan kerusakan pada pelek dan kaki-kaki mobil, bahkan kecelakaan kalau salah dalam mengantisipasinya.

Hal inin tentu akan mengganggu pengendara karena mereka tidak mungkin sembarangan menghindar dari lubang di tengah jalan. Jika pindah lajur secara mendadak, malah akan membahayakan pengguna jalan lain. Apalagi di jalan yang ramai atau jalan tol, bisa memicu tabrakan beruntun.

Berikut langkah antisipasi dan menghadapi lubang di jalan yang diberikan Auto2000

Menjaga Visibilitas ke Depan

AutoFamily harus menjaga visibilitas jauh ke depan dan memahami apa yang terlihat. Saat pandangan fokus ke depan, lubang atau jalan rusak pasti akan terlihat. Selanjutnya bisa memikirkan cara menghadapinya. Perhatian tidak boleh teralihkan oleh kegiatan lain seperti bermain ponsel, terutama ketika berkendara dengan kecepatan tinggi di jalan tol.

Jaga Kecepatan Agar Aman Menghadapi Lubang

Sebaiknya terapkan safety driving, jaga kecepatan yang ideal bisa membuat kendaraan lebih mudah dikendalikan, dan lebih aman ketika menghindari lubang. Menghindar atau melakukan pengereman darurat bukanlah pilihan yang tepat ketika menemui lubang jalan.

Kalau langsung pindah ke lajur sebelah bisa bersenggolan dengan kendaraan lain, sedangkan memaksakan untuk mengurangi kecepatan dapat membuat mobil ditabrak oleh kendaraan lain dari belakang.

Oleh sebab itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek spion mobil sembari melepaskan kaki dari pedal gas. Pastikan tidak ada ada bahaya dari samping dan belakang mobil yang tidak terpantau, seperti mobil atau motor yang melaju kencang. Injak pedal rem dengan halus jika dibutuhkan, dan lakukan manuver menghindar ketika situasi memungkinkan.

Tidak Bisa Menghindar dari Lubang

Perlu diingat bahwa pengemudi tidak perlu melakukan pengereman ketika ternyata lubang cukup besar atau dalam untuk mengurangi dampak benturan. Waktu menginjak pedal rem, berat mobil akan pindah ke depan dan di saat bersamaan ban menginjak lubang.

Keadaan itu bisa menyebabkan banyak hal, seperti ban dan pelek pecah atau merusak sistem suspensi dan kemudi. Bahkan bisa mengakibatkan kecelakaan kalau mobil kehilangan kendali.

Jaga Kondisi Mobil

Musim hujan yang belum selesai jelas menuntut mobil selalu dalam kondisi prima. Seperti mesin yang terjaga kinerjanya, wiper dan AC berfungsi normal, serta ban, kaki-kaki, dan rem mobil yang sanggup bekerja di kondisi ekstrim akibat hujan dan jalan rusak. Servis berkala mobil Toyota AutoFamily di Auto2000 merupakan solusi atas kebutuhan tersebut.

Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara mengatakan untuk menjaga kondisi mobil tetap prima di musim hujan dengan booking servis berkala di bengkel Auto2000 atau order THS – Auto2000 Home Service.

“Salah satu tantangan mengemudi saat musim hujan adalah melalui jalan yang rusak dan berlubang. AutoFamily wajib meningkatkan kewaspadaan dan hati-hati saat menemui jalan berlubang. Pastikan mobil dalam keadaan sehat sehingga dapat mengantisipasi segala kemungkinan ketika menghadapi masalah di jalan,” terang Nur Imansyah Tara.(erwin)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas