Ketika Offroader Sumatra Barat Lolos Terjebak Banjir Saat Lakukan Offroad di Riau

Selasa, 14/03/2023 01:08 WIB

mobilinanews (Rumbai) - Offroader di Riau menggelar ajang Offroad Adventure 2023 pada Sabtu dan Minggu (11-12/3/2023). Meski event yang digagas IOF Pengda Riau ini sebatas Latihan Bersama (Latber), namun diminati offroader.

Buktinya diikuti 30 pasangan peserta dari berbagai kota di Riau dan Sumatra Barat. Bahkan satu peserta datang dari negara tetangga Malaysia. Bisa jadi karena daya tarik "Jelajah Danau Buatan."

Seperti disampaikan Ketua IOF Pengda Riau, Haji Sofyan bahwa kegiatan ini merupakan sarana untuk mengumpulkan offroader, baik dari dalam maupun luar provinsi Riau. Lalu dibungkus mempererat tali silaturahmi sesama offroader.

Nah, pesona danau buatan itulah yang jadi daya tarik peserta. Lebih dari 30 peserta hadir dari Kota Bukittinggi dan Payakumbuh, Kabupaten Kampar dan Bengkalis, serta Kota Dumai.

Yaps! Danau Bandar Khayangan Lembah Sari merupakan salah satu tempat wisata di Pekanbaru yang bernuansa alami. Lokasinya berada di Kecamatan Rumbai. Awalnya danau ini adalah bendungan irigasi terletak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Pekanbaru.

Tapi apa yang terjadi? Hari pertama peserta langsung mendapat rintangan yang dibuat Master Track Ucok Sakai. Pasalnya hujan turun dan jalur yang dilewati menjadi berlumpur. Apalagi melewati anak sungai yang mendadak debit air tinggi.

"Kami terjebak di trek sungai yang airnya tinggi. Rintangan menjadi tantangan bagi kami untuk keluar dari jebakan itu," ungkap Jhon Kayo offroader asal Bukittinggi bersama navigator Kho Jack asal Batusangkar.

Jhon Kayo dan Kho Jack menggunakan Suzuki Vitara. "Triknya jangan sampai mobil mengalami kerusakan. Selain itu, kita tidak boleh merusak jalur yang ada agar peserta lain tidak kesulitan melewatinya," beber Jhon.

Lama juga kendaraan bisa keluar dari hutan. Berkat kesabaran dan skill yang ada, akhirnya Jhon dan Jack bisa mengatasi handicap yang ada dan sampai di finish keesokan harinya.

Hasilnya pun tak sia-sia. Podium ketiga berhasil diraih Jhon dan Jack. Tentunya ini menjadi pelajaran berharga dan menambah jam terbang offroader dari Ranah Minang. Selamat dan sukses. (BangVe)

TERKINI
NETA Raih Penghargaan `Favourite Car Brand Launch` Untuk NETA V-II di PEVS 2024 MMKSI Relokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Lebih Lengkap dan Nyaman "King Umar" Pembalap Terbaik Indonesia di TCR Asia Series 2024 Round 1 Sepang Malaysia, Ini Prestasinya GIIAS 2024 Jadi Pameran Terbesar, Ada 11 Hall Untuk Show Kendaraan Hingga Aftermarket