Serelo Trail Community Salurkan Bantuan Korban Banjir di Kabupaten Lahat Sumatra Selatan

Rabu, 15/03/2023 05:38 WIB

mobilinanews (Lahat) - Banjir bandang terjadi di Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan pada Kamis (9/3/2023). Akibatnya sejumlah wilayah terdampak banjir. Bahkan dilaporkan ada orang hanyut dan tewas tertimbun longsor.

Banjir bandang di Lahat disebabkan meluapnya Sungai Lematang. Dampaknya 39 rumah warga dan 3 sekolah hanyut. Selain itu, lebih dari 40 hektar sawah milik warga juga gagal panen akibat tergenang air.

Lokasi banjir terparah berada di Kecamatan Mulak Sebingkai. Setidaknya 25 rumah warga hanyut dilanda banjir. Rasa duka menyelikuti masyarakat di Kabupaten Lahat dan Sumatra Selatan.

Bukan hanya instansi terkait turun ke lapangan, namun juga komunitas otomotif. Seperti Serelo Trail Community (STC). "Kami merasakan duka warga terdampak, maka bersama rekan komunitas turun ke lokasi," ungkap Ancha Alfian, Ketua STC.

STC adalah komunitas trail asal Lahat. Nama Serelo diambil dari Bukit Serelo, landmark Lahat yang sering juga disebut Bukit Telunjuk. Berada sekitar 900 meter di atas permukaan laut terletak di Desa Perangai, Kecamatan Merapi Selatan atau berjarak 276 km dari Palembang.

Bersama Koordinator Lapangan, Haji Konek dan Penasehat H. Ujang Kurniawan, STC mengantarkan bantuan pada Minggu (12/3/2023). Lokasi yang dituju Desa Lubuk Sepang di Kecamatan Pulau Pinang dan Desa Keban Agung di Kecamatan Mulak Sebingkai.

Pada kedua Kecamatan itu kondisinya terlihat berantakan pasca dilanda banjir bandang. "Tak banyak yang bisa kami salurkan. Beras seberat 1,5 ton ditambah gula pasir 350 kg serta pakaian layak pakai," tutur Ancha. Setidaknya pesan yang ingin disampaikan yakni berbagi rezeki dengan sesama insan.

Bagi STC, daerah yang dilanda banjir bandang tersebut tak asing lagi. "Itu jalur yang biasa kami lewati kalau lagi adventure. Rasanya sedih melihat kondisi terkini," pungkas Ancha Alfian didampingi rekan STC.

Semoga apa yang dilakukan menjadi amal ibadah. Setidaknya ini menjadi bukti bahwa komunitas atau klub otomotif itu selalu punya empati dan rasa kepedulian tinggi terhadap lingkungan dan masyarakat. (BangVe)
 

 

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman