Key Visual OLX Autos IMX 2023, Refleksi Kreativitas Tanpa Batas Sambut Pesta Modifikasi dan Lifestyle Terbesar 2023

Sabtu, 25/03/2023 00:12 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Membuka awal 2023, Indonesia Modification & Lifestyle Expo hadirkan beragam agenda series di tiap kota hingga gelaran puncak OLX Autos IMX 2023 `The Future of Creativity` pada 29 September sampai 1 Oktober 2023 yang dihelat lebih meriah di Hall A-B, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Dalam memperkenalkan makna tema tahun ini, OLX Autos IMX 2023 menggandeng kreator visual dan comic strip Mindblowon Tahilalats Studio untuk menggarap tampilan Key Visual (KV) acara tahun ini.

Tahilalats Mindblowon Studio adalah illustrator brand pembuat komik strip dari komikus di Indonesia. Salah satu karya terbaru mereka yaitu project NFT berskala global dengan nama Mindblowon Universe.

Sejumlah karya mereka pertama kali eksis di sejumlah laman blog, web dan stiker berbayar di aplikasi pesan instan. 

Seiring waktu, Tahilalats Mindblowon Studio merambah prospek sebagai brand besar yang berkolaborasi dengan seniman, musisi, hingga sejumlah brand besar lainnya, termasuk diantaranya Coldplay, BTS, Rich Brian, atau berkolaborasi dengan brand dari berbagai sektor bisnis. Seperti Indomie, BCA, Sony Pictures, Samsung, PlayStation, Vans, Spotify, dan masih banyak lagi. 

Format gambar animasi KV OLX Autos IMX 2023 resmi dirilis pada bulan Maret 2023 dengan tujuan mendukung giat branding selama acara OLX Autos IMX 2023. Sama seperti tradisi sebelumnya, KV IMX menampilkan muatan tema berbeda tiap tahun.

Kali ini tema ‘Coast Punk` yang bisa diartikan sebagai kreativitas industri modifikasi dan aftermarket di masa depan memiliki kesamaan makna dengan tema besar acara ‘The Future of Creativity’. 

“Muatan tema yang diangkat dalam KV OLX Autos IMX 2023 ditunjukkan sebagai ekspresi kreativitas masa depan yang diwarnai inovasi - inovasi baru garapan kreator Indonesia. Perpaduan karakter jenaka dari Tahilalats Mindblowon Studio menampilkan visual sederhana dengan mengaplikasikan warna - warna pastel senada di beberapa karakter,” ujar Andre Mulyadi selaku IMX Project Director.

Andre menambahkan, sisi futuristis dihadirkan dari pemilihan warna latar, dan pilihan tone warna dari cerah dari pendar cahaya seperti biru, ungu, hitam, dan beberapa warna kontras lainnya.

Di bagian bawah, terdapat tiga buah mobil dengan tampilan mirip Nissan Skyline GT-R (R34) di sisi kiri, Audi R8 di tengah, dan Porsche 911 di bagian kanan. Kehadiran tiga mobil ini memberikan sebuah filosofi dari kreativitas modifikator yang bisa mengeksplor gaya modifikasi pada mobil berbeda generasi.

“Permintaan modifikasi kendaraan terutama roda empat mengalami pertumbuhan signifikan tiap tahun. Pasalnya, transisi budaya kustomisasi ke personalisasi kendaraan saat ini bisa diartikan menjadi penambahan unsur estetika, fungsional, dan etika. Tidak berbeda seperti fungsi seni yang hadir dalam setiap lini kehidupan masyarakat di kancah modifikasi juga berlaku demikian,” sambung Andre.

Efek ilustrasi bergaya `Coast Punk` terinspirasi dari tema ‘Cyberpunk’ yang dikenal sebagai sub genre science fiction atau fiksi ilmiah. Potret Key Visual OLX Autos IMX 2023 mengambil latar masa depan yang menggambarkan penggunaan teknologi tingkat tinggi dan kecerdasan buatan di masa depan.

"Kita mencoba hadirkan experience baru untuk para automotive enthusiast dan komunitas modifikasi dalam tema visual `Coast Punk`. Sebetulnya ini diambil dari kata `Cyber Punk` yang merupakan fiksi ilmiah dari masa depan," ujar Creative Director - Mindblowon Universe, Samuel Suganda. 

Samuel menambahkan, ‘Coast Punk’ sendiri merupakan gabungan dari dua kata. Coast terinspirasi dari pusat budaya modifikasi di West Coast atau Pantai Barat Amerika Serikat dengan rekayasa latar lokasi tersebut di masa depan.

Sedangkan Punk menggambarkan pikiran kreatif seseorang untuk membuat inovasi dan hal-hal menarik. Oleh karena itu, tampilan Key Visual ‘Coast Punk’ memberikan sebuah ilustrasi gelaran OLX Autos IMX 2023 sebagai gelaran industri modifikasi dan aftermarket yang adaptif terhadap perkembangan zaman serta tetap membawa unsur Indonesian Pride.

Dalam desain KV tersebut, refleksi perpaduan otomotif dan lifestyle digambarkan sebagai representasi OLX Autos IMX 2023 dan Tahilalats Mindblowon Studio tampak jelas terlihat.

Meski berbeda bidang, tetapi generasi muda jadi target utama dalam mengemas sebuah movement kreatif. Menampilkan gaya hidup generasi muda yang sedang gemar bereksplorasi, rasa ingin tahu tinggi, dan selalu update dengan kemunculan tren baru. 

Hal senada juga diungkapkan oleh Director of Marketing OLX Autos Indonesia, Sandy Maulana. Ia mengatakan tampilan KV OLX Autos IMX 2023 bertema ‘Coast Punk’ diharapkan menjadi salah satu langkah branding strategis untuk mendekati generasi muda terutama milenial dan generasi Z. 

Key Visual OLX Autos IMX 2023 diharapkan dapat membangun ikatan emosional dari segi tren modifikasi proper sampai menggiring daya beli masyarakat terhadap produk modifikasi dan aftermarket lokal. Dalam hal ini modifikasi mobil sudah membudaya di Indonesia. Kalau dulu modifikasi hanya dilakukan oleh beberapa kalangan. Seiring waktu, industri modifikasi terbentuk untuk menghadirkan beragam produk yang dapat menambah unsur fungsional, kenyamanan, dan keselamatan,” jelas Sandy. 

Untuk itu, Sandy berharap pesan dan makna KV OLX Autos IMX 2023 dapat dicerna dengan baik oleh publik luas khususnya milenial dan generasi Z dan membentuk mindset baru tentang modifikasi atau personalisasi kendaraan di zaman sekarang.

Pendekatan emosional dalam KV OLX Autos IMX 2023 akan mendorong ide berikutnya sebagai langkah branding mengenalkan produk-produk aftermarket inovatif dari tangan terampil industri modifikasi dan aftermarket nasional. 

Dukungan platform jual beli mobil bekas berbasis teknologi, OLX Autos sebagai Sponsor utama IMX tahun ke-6 menghadirkan muatan edukasi milenial dan gen Z tentang cara mudah memilih mobil bekas untuk dimodifikasi lebih proper dan terarah secara berkelanjutan terutama menghadirkan solusi terlengkap untuk pembeli dan penjual mobil bekas, mulai dari inspeksi mobil, jual mobil, beli mobil, dan menjanjikan pelayanan yang cepat, aman, dan nyaman.

“Situasi pandemi yang kita semua pernah alami dua tahun belakangan, ini saatnya kita menggugah semangat industri modifikasi dan aftermarket di Indonesia dengan menghadirkan medium berkreasi, sehingga bukan hanya memperkenalkan produk baru saja, tetapi ada beberapa muatan dan target regenerasi agar industri ini bisa terus memberikan dampak positif. Pesan yang terkandung dalam Key Visual ini hendak menggiring agar industri modifikasi dapat terus bersinergi serta diikuti dukungan penuh untuk para kreator aftermarket di Indonesia,” pungkas  Andre Mulyadi. (hilary)
 

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo