Setelah Libur Lebaran 2023, Jangan Lupa Lakukan 5 Pengecekan Item Ini Terhadap Motor Anda

Minggu, 30/04/2023 00:18 WIB

mobilinanews (Semarang) - Sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi saat libur Lebaran 2023 lalu. Setelah selesai digunakan dalam perjalanan liburan tersebut, jangan lupa untuk melakukan perawatan motor Anda.

Aktivitas perjalanan jauh sangat berpengaruh terhadap beberapa komponen motor sebab motor tersebut sudah menembuh ratusan bahkan ribuan kilometer selama perjalanan mudik.

Pengecekan sepeda motor sangat penting, berikut tips pengecekan setelah perjalanan mudik dari Yamaha DDS 3 (Jawa Tengah & Yogyakarta) :

1.Mencuci sepeda motor

Setelah menempuh jarak yang jauh, tidak dipungkiri kotoran dan debu banyak yang menempel. Demi menghindari kerak, korosi dan sebelum pengecekan poin lain, cuci motor adalah langkah awal. Gunakan spons yang lembut saat mencuci motor, agar body terhindar dari baret-baret.

2.Ganti oli

Setelah menempuh jarak yang jauh, disarankan melakukan penggantian oli untuk tetap menjaga performa kendaraan tetap prima. Selain oli mesin, oli yang perlu dicek adalah oli gear, terutama pada kendaraan matik.

3.Pengecekan filter udara

Dalam melakukan perjalanan jauh pastinya banyak kotoran dan debu yang menempel pada sepeda motor, termasuk filter udara. Kondisi filter udara yang kotor akan menghambat lajunya udara yang masuk ke ruang bakar, dan menyebabkan motor akan jadi boros bahan bakar. Cek filter udara, bersihkan/ganti dengan sparepart yang baru.

4.Pengecekan busi

Lakukan pengecekan busi setiap 3000 km dan ganti setiap 9000 km, pastikan ganti dengan sparapert yang original.

5.Cek rem

Sebagai pengendali kecepatan di sepeda motor, maka rem memiliki peran yang sangat penting. Lakukan pengecekan dan ganti jika kondisi sparepart pada rem sudah melewati batas limit. (hilary)

 

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas