Menapaki Sejarah Singkat Mobil Legendaris Toyota Land Cruiser

Rabu, 03/05/2023 01:18 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Toyota Land Cruiser adalah legenda dalam sejarah otomotif, kendaraan utilitas ini sebagai standar untuk sebuah mobil off-roader sejati sejak diperkenalkan. Untuk merayakan warisannya.

Untuk merayakan usianya yang lebih dari 70 tahun, para penggemar Land Cruiser di Jerman akan mengadakan acara khusus untuk menghormatinya. Mereka menyebutnya sebagai Hari Off-Road atau Off-Road Day.

Acara tesebut akan berlangsung pada tanggal 6 Mei, acara ini akan memamerkan Land Cruiser yang mencakup keseluruhan generasi model 7+ yang selama 70+ tahun eksistensinya di dunia otomotif. Bahkan akan ada dua tur berpemandu yang memberikan pelajaran lengkap tentang sejarahnya serta demonstrasi langsung kepada penggemar untuk merasakan bagaimana perbedaan SUV tersebut.

Berbalik ke belakang, kisah Land Cruiser dimulai pada tahun 1951. Setelah test drive prototipe di Gunung Fuji yang terbukti sangat mumpuni, permintaan untuk versi produksi pun merangsek tinggi.

Selanjutnya, tiga tahun kemudian Land Cruiser menghadirkan Toyota BJ. Generasi setelahnya adalah J20, diikuti penerusnya, J40, yang terbukti menjadi salah satu kendaraan off-road paling berpengaruh sepanjang masa. Mempertahankan keberadaanya, Toyota memutuskan untuk mengulanginya dengan mendatangkan FJ Cruiser.

Mengikuti J40 hadir deretan penerusnya mulai dari J50, J60, dan J70, yang sedikit meningkatkan faktor penyempurnaan pada beragam sektor. Kemudian datanglah J80 dan J100, yang oleh banyak orang dianggap sebagai awal dari Land Cruiser modern.

Setelah itu, ada J200, yang bertahan selama hampir 15 tahun sebelum Toyota kembali memberikan inovasi produk dengan membuat J300 yakni model Land Cruiser saat ini.

Semua batu loncatan dalam sejarah Land Cruiser ini akan dipajang di Off-Road Day, yang akan berlangsung di Toyota Collection di Cologne, Jerman. Selain Land Cruiser, acara ini juga akan menampilkan beberapa mobiil off-road Toyota lainnya seperti Hilux, 4Runner, dan Mega Cruiser saingan Hummer H1.(erwin)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!