Hyundai Exter Meluncur Agustus 2023, Siap Menantang Suzuki Ignis?

Senin, 08/05/2023 19:10 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Hyundai terus mengembangkan produknya sesuai dengan permintaan dan kebutuhan pasar yang berkembang. Terbaru, mereka mengembangkan prototipe Hyundai Exter yang akan dikembangkan di Seoul, Korea Selatan.

SUV perkotaan bertenaga ICE itu, akan memulai debutnya di India musim panas ini, meskipun demikian otoritas Hyundai masih belum menjelaskan secara rinci apakah Hyundai berencana mengekspornya ke pasar negara berkembang lainnya.

Berbeda dengan prototipe yang disamarkan kali lalu. Penampakan terbaru ini mengungkapkan desain Exter hampir tanpa topeng, hanya stiker yang menutupnya sehingga modelnya langsung bisa dikenali sebagasi kompak SUV.

Prototipe yang ditampilkan tampaknya dalam bentuk siap produksi akhir dan menyisakan sedikit imajinasi bagi pengamat yang bersemangat bahwa baby SUV Hyundai ini akan menjadi sebuah trendsetter baru di segmen tersendiri.

Bisa ditebak, gambar Exter diakui belum psepenuhnya sesaui harapan. Namun crossover kecil ini terlihat cukup apik dengan roda kecil dan tubuhnya yang kecil.

Elemen desain yang terkenal termasuk grafik LED berbentuk H, lampu depan terpisah, dan intake bumper modern. Profilnya menyerupai Hyundai Mufasa yang lebih besar dengan dominasi material plastik persegi di sekitar lengkungan roda.

Di bagian belakang, Exter menampilkan overhang kecil, lampu belakang ala Audi Q2, dan panel hitam yang menghubungkan kaca belakang dengan jendela samping untuk memberi efek atap mengambang , sehingga lenoh atraktif.

Proporsi Exter menunjukkan bahwa ia dibanngun dengan didasarkan pada platform K1, yang digunakan bersama dengan Grand i10 Nios / Aura, i10 di India, dan Casper di Korea. Meski lebih panjang dari model ini dan masih lebih pendek dari Venue. Ia tetap sebuah amunisi baru yang agresif.

Sebagai model yang disiapkan secara khusus, Hyundai Exter akan diposisikan untuk bersaing di segmen micro SUV melawan rival seperti Suzuki Ignis, Tata Punch, dan Mahindra KUV100.

Menurut laporan dari media India, Hyundai Exter yang akan datang mungkin menawarkan dua opsi powertrain: mesin bensin 1.2 liter naturally-aspirated yang menghasilkan 82 tenaga kuda dan mesin bensin 1.0 liter turbocharged yang menghasilkan 99 tenaga kuda, dengan kemungkinan varian CNG di masa mendatang.

Tenaga akan disalurkan ke roda depan baik melalui transmisi manual maupun otomatis. Sebagai mobil modern ia juga akan dibekali dengan sejumlah fitur standar yang akan memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Kabarnya Exter akan diluncurkan Agustus tahun ini. (erwin)

TERKINI
WahanaArtha Ritelindo Rayakan Hardiknas dengan Program dan Promo Spesial GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Bocor, Motor Listrik TVS iQube Terbaru Akan Rilis Dengan Harga Rp 50 Jutaan, Berikut Spesifikasi Lengkapnya! Eshark Rok Cup 2024 : Rafie Farhan Siddiq Rebut Trofi Juara 2 Entry Level, Sebelumnya Hanya Juara 5