WRC 2023 Portugal: Kalle Rovanpera Lanjutkan Dominasi Toyota Gazoo Racing, Selangkah Lagi Pimpin Klasemen

Sabtu, 13/05/2023 03:08 WIB

mobilinanews (Portugal) - Leg I Rally Portugal pada Jumat (12/5) menghamparkan 8 SS (Special Stage) dari pagi hingga malam waktu lokal atau tuntas pada Sabtu (13/5) dinihari WIB. Isu utama adalah daya tahan ban lantaran lintasan dihiasi banyak kerikil.

Juara dunia bertahan Kalle Rovanpera (Toyota Gazoo Racing) yang start dari iritsn 7 tentu saja memetik keuntungan karena peserta di depannya telah menyingkirkan banyak kerikil 'nakal' yang bisa menusuk ban itu. Elfyn Evans (Toyota Gazoo Racing) dan Esepekka Lappi (Hyundai) jadi dua korban pertama dengan ban kempes di tengah kompetisi dan kehilangan banyak waktu. Keduanya berangkat dari urutan start 1 dan 2.

Korban lain adalah Ott Tanak di skuad M-Sport Ford. Ia tak bisa gegabah di tiga SS terakhir karena hanya punya 1 cadangan ban.

Petaka Evans yang bersama Sebastien Ogier (Toyota Gazoo Racing) memimpin kejuaraan sementara WRC 2023 dengan poin sama, 69, semakin besar karena sejak SS5 merasa kurang keseimbangan pada laju mobilnya. Puncaknya terjadi jelang SS7 saat Yaris GR Rally1 besutannya keluar dari lintasan dan crash. Ia dan navigator tak cidera, namun mobil tak meneruskan lomba alias retire.

Kini hanya 5 poin maksimal yang bisa dipetik Evans pada hari terakhir Minggu nsnti. Itu pun jika bisa tercepat di jalur power stage.

Sebaliknya dengan rekan setim sekaligus rivalnya dalam perburuan gelar 2023, Kalle Rovanpera, yang menguntit di klasemen sementara dengan nilai 68. Juara dunia bertahan ini memenangkan 3 dari 8 SS. Sisanya dibagi 3 untuk Hyundai dan 2 buat M-Sport.

Tiga kemenangan SS dan konsisten di 4 Besar tercepat membuat Rovanpera memimpin kejuaraan sementara dengan keunggulan waktu 10,8 dsn 26,0 detik atas dua perally Hyundai - Dani Sordo dan Thierry Neuville.

Tanpa Ogier di Portugal dan petaka yang menimpa Evans maka peluang Rovanpera sangat terbuka menjadi pemimpin baru di klasemen sementara. Juga peluang meraih kemenangan pertamanya musim ini setelah gagal pada 4 seri awal. Sekalian untuk menegaskan dominasi Toyota di kancah WRC karena dari 4 seri awal itu 2 diantarabya mikik Ogier dan terakhir di Rally Kroasia diraih Evans. Satu seri lagi di Swedia lari ke Ott Tanak (M-Sport Ford).

Meski begitu Rovanpera tak langsung berbusung dada. Masih ada 11 SS di depan, 7 darinya berlangsung pada Sabtu ini. Katanya, usai lomba hingga SS15 pada Sabtu ini baru bisa menakar peluang menang.

Yang pasti strategi mainnya tak berubah. Yakni sebisa mungkin menjejak lintasan yang bersih dari batu atau kerikil untuk menjaga kerusakan ban.

"Permukaan trek sangat kasar di banyak lintasan. Harus ekstra menjaga ban," kata generasi muda perally Finlandis paling menonjol tersebut.

Tanak yang juga berada di jalur perebutan gelar 2023, sementara ini berada di peringkat 6 dengan gap waktu lebih dari 1 menit dengan Rovanpera. Tanak harus mengejar, tapi sangat tak mudah karena kini saatnya Rovanpera bertahan dan tidak perlu mengumbar serangan yang beresiko celaka. (rn)

 

 

 

TERKINI
Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9 Spesifikasi Seres E1 yang Meraih Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 305 Ducati Pecahkan Rekor MURI di Event We Ride As One di Candi Prambanan Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali