Sinergi 3 Raksasa Otomotif Jepang Dalam Proyek Kei Car Listrik

Senin, 22/05/2023 00:18 WIB

mobilinanews (Tokyo) - Segmen mobil kei atau mini van di Jepang terus berkembang. Terbaru, raksasa otomotif Jepang seperti Toyota, Suzuki, dan Daihatsu mulai melakukan kolaborasi untuk membuat mobil listrik Kei.

Sejauh ini, media Jepang melaporkan adanya sinergi antara Toyota, Suzuki, dan Daihatsu, untuk membuat mobil Kei varian zero-emission sebagai van komersial, Mereeka berencana mobil tersebut akan memulai debutnya dalam bentuk prototipe pada acara Japan Automobile Manufacturers Association selama KTT G7 Hiroshima.

Kei van didasarkan pada generasi Daihatsu Hijet saat ini yang memulai debutnya pada Desember 2021, ada Toyota Pixis Van dan Suzuki Every yang terkait erat menjadi produk rebadging dari model-model yang akan dikembangkan.

Secara rinci eksteriornya terlihat identik dengan versi mobil bertenaga ICE, kecuali port pengisian daya yang terletak di bumper depan, dan tidak adanya pipa knalpot di belakang. Inovasi ini tentu saja membuat pabrikan mobil secara mandiri akan menyematkan lencananya sendiri di kap mobil, pintu belakang, dan roda kemudi.

Sejauh ini, perusahaan belum memberikan spesifikasi terperinci dari sistem BEV yang dikembangkan bersama, tetapi mereka telah menyebutkan kisaran jangkauannya yang diharapkan mencapai 200 km yang kompetitif dengan kei car yang telah ada.

Kemampuan untuk membuat EV berdasarkan platform DNGA mengisyaratkan produk yang lebih berlistrik di masa depan, termasuk konversi serupa dari kei van penumpang yang setara akan menjadi proyek baru di Jepang.

Mobil EV mungil tersebut, rencananya akan diproduksi pada tahun 2023. Seperti saudaranya yang bermesin bakar, kei van listrik akan diproduksi secara lokal oleh Daihatsu.

Model-model baru yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan para profesional di sektor pengiriman akan memungkinkan Daihatsu, Toyota, dan Suzuki untuk menyaingi Mitsubishi Minicab MiEV veteran dan Honda N-Van. (erwin)

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060