Chery Omoda 3 Disiapkan Untuk Menantang Honda WR-V?

Senin, 22/05/2023 00:08 WIB

mobilinanews (Tiongkok) - Raksasa otomotif asal Tiongkok, Chery terus mengembangkan mobilnya. Terbaru, mereka menghadirkan Gambar Chery Omoda 3 telah muncul di Cina.

Gambar tersebut memperlihatkan SUV kompak yang tampaknya seukuran Perodua Ativa. Omoda 3 akan dihadirkan untuk pasar ekspor dan memiliki kemiripan dengan saudara dekatnya Tiggo 3x, yang mendapat facelift untuk model tahun 2023.

Dengan demikian, Omoda 3 diprediksi akan memiliki dimensi yang sama dengan Tiggo 3x, yakni panjang 4.200 mm, lebar 1.760 mm, tinggi 1.570 mm, dan jarak sumbu roda 2.555 mm. Sebagai perbandingan, Ativa memiliki panjang 4.065 mm, lebar 1.710 mm, tinggi 1.635 mm, dan jarak sumbu rodanya mencapai 2.525 mm.

Tidak ada detail powertrain yang dirinci Chery, tetapi berdasarkan asosiasi, Omoda 3 diharapkan mendapatkan mesin bensin empat silinder aspirasi alami Tiggo 3x 1.5 liter dengan tenaga 116 PS atau power 114 hp atau 85 kW dan torsi 143 Nm, dan dipasangkan dengan CVT.

Dari segi desain, Omoda 3 menggunakan pengaturan pencahayaan dua tingkat yang sama di bagian depan. Ada juga Lampu LED daytime running atas yang menonjolkan sebagai ciri khas dengan garis putus-putus yang seolah menyatu dengan gril atas, sementara lampu depan utama dan lampu kabut ditempatkan di sudut apron bawah.

Dilihat dari samping, ada garis sabuk yang meninggi, kelongsong bodi hitam, skema cat dua warna, dan satu set roda 17 inci dengan ban profil 205/50.

Bagian belakang Omoda 3 mendapatkan lampu belakang yang dipasang tinggi yang dihubungkan dengan bilah lampu yang membentang di pintu belakang, digabungkan dengan trim perak di bagian bawah bumper.

Interiornya memiliki dashboard compact SUV dengan sistem infotainment layar sentuh besar yang disertai dengan instrument cluster digital. Ada pengaturan sistem AC yang ditempatkan tepat di bawah ventilasi udara sentral, sedangkan konsol tengah memiliki bagian tertutup untuk ruang penyimpanan tepat di depan tuas persneling dan kontrol untuk fungsi kendaraan lainnya.

Chery Omoda 3 masuk dalam daftar model yang akan dijual di Malaysia dan akan menjadi penantang Perodua Ativa dan Honda WR-V yang selama ini cukup moncer secara penjualan di Negeri Jiran Malaysia. (erwin)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!