F1 2023: Cerai Dengan Mercedes, Aston Martin Gandeng Honda Guna Wujudkan Ambisi Juara Dunia

Rabu, 24/05/2023 14:39 WIB

mobilinanews (Monaco) - Hari ini, Rabu (25/5) pagi waktu Monaco, tim Aston Martin bikin kejutan lagi setelah kejutan Fernando Alonso yang rutin naik podium musim ini. Tim Inggris milik konglomerat Kanada Lawrence Stroll itu umumkan perceraian dengan Mercedes dan menikah dengan Honda.

Stroll sendiri yang mengumumkan hal itu bersama CEO Honda ToshihiroTibe kepada media. Kedua brand itu berdampingan mulai pada musim 2026 saat regulasi besar diberlakukan FIA di F1, yakni era teknologi nol karbon dengan lebih mengedepankan tenaga listrik pada mobil.

Aston Martin saat ini menggunakan mesin Mercedes. Dengan Fernando Alonso di kokpit AMR23, tim ini telah mengantongi 4 podium dari 5 race musim 2023. Kerjasama dengan Mercedes resmi berakhir pada akhir musim 2025.

"Kerjasama dengan Honda adalah bagian akhir dari tahapan panjang Aston Martin untuk mewujudkan ambisi jadi juara dunia. Honda punya reputasi panjang dalam olahraga motosport dunia. Kami secara bersama akan mengubah permainan," kata ayahanda Lance Stroll, pembalap Aston Martin, itu.

Honda memastikan diri come back ke F1 lagi pada musim 2026. Pabrikan Jepang itu resmi keluar dari F1 pada akhir 2021 setelah jadi pemasok mesin Red Bull pada 2019 - 2021. Meski begitu, Honda tetap memasok mesin kepada Red Bull hingga akhir 2025 dengan mesin bernama Red Bull Powertrains.

Proyek itu dijalankan lewat fasilitas pabrik yang ditinggalkan Honda F1 di Inggris. Termasuk hak intelektualnya.

Tibe pun memberikan optimismenya atas kembalinya Honda sebagai pemasok mesin pada Aston Martin. Ia sebut ambisi Honda dan Aston Martin sama besarnya untuk merebut gelar. Tentu saja langkah itu tak lepas dari startegi jangka panjang Honda untuk masa depan industrinya.

Ia akui regulasi 2026 yang menggunakan enerji terbarukan dan pasokan tenaga listrik lebih dominan sangat penting buat industri otomotif dunia yang bergerak ke arah industri mobil listrik.

"Honda dan mitra baru kami, Aston Martin, punya sikap dan determinasi sama untuk menjadi juara. Kami maju bersama atas nama tim Aston Martin Aramco Honda," kata Tibe. (rn)

 

 

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060