F1 2023 Monaco: Penampakan Pertama Mercedes W14 Spek Baru, Lewis Hamilton Siap Jajal Suspensi Idaman

Jum'at, 26/05/2023 00:18 WIB

mobilinanews (Monaco) - Sekian lama dinanti fans yang penasaran, akhirnya berbagai komponen baru guna mengatasi kelumpuhan W14 besutan Lewis Hamilton dan George Russell, tampil perdana pada Kamis, 25 Mei 2023, di GP Monaco.

Ada sidepod baru yang lebih gemuk dari versi W13 dan W14 awal yang bikin Mercedes sengsara. Sidepod ramping yang katanya sebuah trobosan itu kini ditinggalkan. Ganti model yang lebih tradisional di F1. Ada juga beberapa perangkat baru aerodinamika.

Itu yang terlihat di depan garasi Mercedes dan jadi buruan para fotografer. Yang belum terlihat adalah lantai baru W14 dan suspensi depan.

Tadinya semua barang baru itu ingin dijajal pada GP Imola di Italia. Batal lantaran daerah sekitar sirkuit dihajar  banjir besar, berhari-hari.

Mercedes sempat memilih GP Barcelona, Spanyol, sebagai ajang uji coba W14 spek baru. Rencana itu berubah dan pindah ke Monaco meski jalanan tengah kota Monte Carlo itu bukan trek ideal untuk menjajal mobil baru.

Treknya sempit, tak punya straight untuk menguji top speed, belum lagi resiko menubruk atau ditubruk sepanjang lintasan.

Karena itu ditengarai hal utama yang ingin diuji Hamilton dan Russell adalah performa suspensi depan yang berubah total.

Kedua driver Inggris itu, dalam daftar keluhannya sejak awal musim 2023, salah satunya menyebut bagian depan mobil yang tidak stabil, susah diarahkan, dan banyak kehilangan waktu di zona tikungan.Nah, suspensi depan itulah yang diharap jadi solusinya.

Up grade W14 ini menarik dan dinanti karena kronologi pengembangannya. Mercedes langsung lemas di seri pembuka GP Bahrain usai digebuk pembalap tim Red Bull Racing lebih dari 50 detik di garis finish.

Team Principal Mercedes Toto Wolff saat itu juga memutuskan harus mengubah arah pengembangan W14 karena yakin bakal jeblok terus jika bertahan dengan konsep awal.

Maka sejak itu Mercedes mencicil perubahan radikal. Program itu sudah utuh dan berubah jadi paket baru W14 yang akan mengaspal perdana pada sesi FP1, Jumat (26/5) esok.

"Tentu saja ini bukan seperti peluru  perak (langsung mematikan). Pasti ada yang bisa kami pelajari dari penampilan pertama W14 baru di trek Monaco. Kami berharap ini memberikan platform baru kepada driver dan dapat diprediksi arahnya. Dari situ kami akan mengembangkannya lagi dalam beberapa minggu atau bulan ke depan," ucap Wolff. (rn)

 

 

 

TERKINI
OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama dari VMK Racetech RT Sabet Juara OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya