F1 2023 Monaco : Verstappen Makin Kokoh Di Puncak Klasemen Dengan Keunggulan 39 Poin, Alonso Ancam Perez!

Minggu, 28/05/2023 22:26 WIB

mobilinanews (Monaco) - Di lintasan GP Monaco, Minggu (28/5), Max Verstappen kembali tunjukkan dominasinya di atas RB19. Baik saat lintasan kering maupun saat trek disiram hujan.  

Start terdepan, juara dunia bertahan itu tetap terdepan saat tiba di garis finish. Meninggalkan Fernando Alonso (Aston Martin) dengan gap 27,9 detik. Esteban Ocon (Alpine) pun ikut naik podium, kali perdana musim ini, meski kalah 36,9 detik.

Duet Mercedes Lewis Hamilton dan George Russell serta Charles Leclerc (Ferrari) mengekor di urutan 4, 5 dan 6. Di pihak lain Sergio Perez (Red Bull) gagal memetik poin setelah finish P16.

Ini.kemenangan ke-4 Verstappen dalam 6 race awal 2023. Sekaligus kemenangan kali keduanya di lintasan Monaco

"Kemenangan yang sangat dirindukan," celoteh Verstappen dari dalam kokpit RB19-nya.

Buat Alonso, ini podium kali kelimanya dari 6 race. Tambahan 18 poin membuatnya semakin kokoh di 3 Besar klasemen sementara, mendekat ke koleksi poin Perez dengan komposisi angka 105 dan 93.

Verstappen pun semakin solid di luncak klasemen dengan torehan 144 poin atau unggul 39 angka dari Perez. Sekaligus mempermulus pembalap Belanda itu menuju cita-cita bikin hattrick jadi juara dunia setelah gelar 2021 dan 2022.

"Inilah Monaco, sangat sulit dilalui, terlebih saat hujan turun. Ini kemenangan sangat menyenangkan, namun ke depan tetap harus tenang dari satu race kw race berikutnya," kata Verstappen seputar peluang yang semakin besar meraih gelar jurdun kali ketiga.

Alonso yang lakoni start dengan ban keras (hard tyres) mengakui strategi balapan yang dirancang sejak tadi malam sama sekali tak bekerja untuk melawan Verstappen yang memulai balapan dengan ban medium.

"Max tampil sangat brilian dengan bannya. Kami tak punya sidikit pun kesempatan. Hujan yang turun belakangan mempersulit situasi. Saya pikir semua pembalap tampil bagus hari ini karena sanggup menjaga mobil masing-masing hingga ke garis finish," timpal Alonso.

Dan, buat Ocon, podium di Monaco tentu sangat spesial. Kota itu seolah kandang buat pembalap. Prancis itu, di mana para pendukungnya datang dengan jumlah banyak.

"Kemarin saya membentur tembok beberapa kali. Hari ini saya jaga tak melakukannya lagi agar tak ada serangan jantung pada kru tim. Mereka sudah luar biasa menyiapkan mobil," sambut Ocon yang mengemudikan mesin buatan pabrikan Prancis,  Renault. (rn)

 

 

 

TERKINI
Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya NETA Raih Penghargaan `Favourite Car Brand Launch` Untuk NETA V-II di PEVS 2024 MMKSI Relokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Lebih Lengkap dan Nyaman "King Umar" Pembalap Terbaik Indonesia di TCR Asia Series 2024 Round 1 Sepang Malaysia, Ini Sederet Prestasinya