HondaJet Elite II, Pesawat Mewah Dibekali Sistem Autoland Darurat Otonom

Senin, 29/05/2023 08:10 WIB

mobilinanews (Tokyo) - Honda bukan sekedar pabrikan otomotif yang fokus pada kendaraan. Ia juga merupakan salah satu brand pengembang pesawat yang terus mendapatkan apresiasi dari inovasi-inovasi yang sangat mentereng.

Terbaru, perusahaan penerbangan Honda telah meluncurkan pesawat HondaJet Elite II di Konvensi dan Pameran Penerbangan Bisnis Eropa di Jenewa, Swiss. Pesawat anyar ini menjadi perhatian karena disebut-sebut sebagai pesawat terbang tercepat, terjauh, dan tertinggi di kelasnya.

HondaJet Elite II menampilkan badan pesawat komposit dan konfigurasi dudukan mesin di atas sayap yang khas. Secara spsifikasi model ini ditenagai oleh sepasang mesin GE Honda HF120 yang masing-masing menghasilkan daya dorong 2.050 pon.

Elite II dapat lepas landas di landasan pacu sependek 3.699 kaki (1.128 meter) dan menempuh jarak hingga 1.547 mil laut (2.865 km) dengan empat penumpang di dalamnya. Pesawat baru ini memiliki kabin terbesar di kelasnya dan diklaim merupakan jet paling hemat bahan bakar.

Konfigurasi standar menampung satu awak dan enam penumpang, tetapi varian tujuh penumpang juga telah mereka siapkan untuk mengakomodir kebutuhan konsumennya sesuai dengan spesfikasi yang diinginkan.

Terkait Elite II itu, Honda tidak banyak bicara tentang interior, tetapi telah mengaku telah meningkatkan perawatan akustik di seluruh kabin serta sistem audio penerbangan Bongiovi. Model ini juga memiliki ruang penyimpanan 62 kaki kubik (1.756 liter).

Pelanggan dapat memilih antara interior Onyx atau Steel dan masing-masing menampilkan pengaturan klub eksekutif dengan jok kulit dua warna yang mengartikulasikan dan mengoptimalkan kenyamanan. Model ini juga memiliki toilet tertutup, yang memiliki standar kelas atas.

Pesawat ini dilengkapi dengan suite avionik Garmin G3000 dan dilengkapi sistem anti-es, pencahayaan, dan tekanan otomatis serta perlindungan di bawah kecepatan.

Lebih menarik lagi, pesawat tersebut akan ditawarkan dengan fungsi Autoland Darurat, yang dapat mengontrol dan mendaratkan pesawat secara otonom tanpa campur tangan manusia. Sistem ini mungkin dirancang untuk menyelamatkan penumpang jika terjadi masalah yang menyebabkan pilot tidak mampu mengendalikan pesawat.

Walapun Honda sudah membawanya ke pameran, namun mereka belum dapat merinci harganya. Otoritas Honda mengatakan Elite II telah menerima sertifikasi tipe dari Administrasi Penerbangan Federal AS dan diharapkan segera menerima sertifikasi dari Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa.

TERKINI
Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Kualitas dan Penjualan Ngejreng, GAC Aion Jadi Mobil Listrik Terbaik di Dunia Tips Membeli Mobil Matic Bekas dengan Cerdas untuk Kebutuhan Mobilitas Sehari-hari OnePrix 2024 Palopo : Andi Gilang Main di Home Race, Digadang Berjaya Di Tanah Kelahiran Bulukumba Sulawesi Selatan