Jelang Oneprix 2023 Palangkaraya : Andi Gilang Perkuat ART Yogyakarta di Kelas OP1 Expert!

Rabu, 31/05/2023 19:08 WIB

mobilinanews (Palangkaraya) - Jelang Kejurnas Balap Motor Oneprix 2023 di sirkuit Sabaru Palangkaraya, Kalimantan Tengah, kelas paling bergengsi OP1 Expert terus bergolak. Terbaru, Andi Gilang diinfokan bakal memperkuat barisan Astra Motor Racing Team (ART) Yogyakarta.

"Iya benar, Andi Gilang akan memperkuat ART Jogja di seri 2 Oneprix 2023 di Palangkaraya, Kalimantan Tengah," ungkap Rudi Hadinata, manajer ART Jogja kepada mobilinanews.

Rudi menyampaikan itu pada Rabu (31/5/2023) petang. Sekaligus menepati janji untuk memberikan informasi terkait formasi pembalap baru ART Jogja beberapa hari jelang seri 2 Oneprix 2023, di sirkuit Sabaru, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, 3-4 Juni 2023.

"Sebenarnya, kami telah mengajukan Andi Gilang menggantikan Ahwin Sanjaya pada 11 April lalu, saat bulan puasa. Dan sebagai tim, secara prosedur, kami menjalankan sesuai regulasi pada Buku Kuning IMI (peraturan balap motor). Artinya sudah sesuai regulasi yang ada," terang Rudi Hadinata.

Kemudian Rudi memperlihatkan ayat seperti yang tercantum pada peraturan buku kuning yang dikeluarkan IMI Pusat. 

Pada ayat D tertulis : Team dapat melakukan penggantian pembalap selain yang telah ditetapkan sebagai peserta dalam Kejurnas Oneprix dalam hal pembalap tersebut berhalangan untuk ikut serta dalam Kejurnas Oneprix karena sakit, cidera atau sebab lain yang menyebabkan pembalap tersebut tidak dapat melakukan perlombaan dengan tetap mengutamakan kualitas dan prestasi dari pembalap pengganti.

Ayat E : Pengajuan Pembalap Pengganti untuk Team dalam setiap kelas hanya dapat dilakukan paling banyak 1 (satu) kali dalam Kejurnas Oneprix 2023, dan disampaikan paling lambat 7 hari sebelum dimulainya pelaksanaan setiap putaran Kejurnas Oneprix dengan menyampaikan surat tertulis atau formulir permohonan yang disediakan OMM (Oneprix Motorsport Management).

Ayat F : Jika Team tersebut bermaksud untuk kembali melakukan pergantian Pembalap Pengganti, maka Team akan dikenakan biaya pendaftaran di luar deposit yang telah disetorkan, sejumlah sisa putaran yang akan berjalan.  

"Selain itu, acuan tambahan hasil briefing secara tertulis, yang menurut ko Eddy Horison selaku Race Direction Oneprix, juga bisa mengikuti regulasi tahun 2022," lanjut Rudi. 

Nama Andi Gilang, di komunitas balap motor Indonesia sudah sangat dikenal. Prestasi dan reputasi pembalap kelahiran Bulukumba, Sulawesi Selatan, 14 Agustus 1997 tersebut sudah dikenal luas.

Terakhir, pembalap binaan PT Astra Honda Motor tersebut menjadi pembalap Indonesia pertama juara kelas Supersport (SS) 600 di ARRC (Asia Road Racing Championship) pada 2022. Ia berkiprah di kelas tersebut sejak 2021.

Pembalap bertubuh ramping ini juga telah memiliki jam terbang international yang memadai dan mumpuni.

Andi Gilang menjadi skuad ART Jogja ke Sabaru Palangkaraya dari status sebagai pembalap cadangan. Ia menggantikan satu pembalap ART Jogja yang "diistirahatkan" karena satu hal di seri 2 Oneprix 2023.

Masuknya Andi Gilang, membuat kelas OP1 Expert bakal melahirkan persaingan panas nan mendidih. Sebelumnya, LFN HP969 Racing Team telah umumkan pembalap kenamaan Wawan Wello bakal tampil di Oneprix Palangkaraya dengan bendera LFN HP969 Racing Team. Wello juga dari status pembalap cadangan menggantikan Reynaldi Pradana. 

Kemudian, Fitriansyah Kete juga bakal comeback ke Oneprix. Kete yang musim lalu dengan bendera LFN HP969 Racing Team, kali ini besama Rivaco Racing Team Sintang, Kalimantan Barat. Lalu, Awhin Sanjaya dengan bendera RMS Racing Team Sidrap, Sulawesi Selatan. 

"Kelas Para Raja" ini juga bakal diramaikan Dicky Ersa, dengan bendera barunya, Palangkaraya Kota Cantik Did`s Team.

Dicky Ersa janji akan tampil all out, mengingat berlaga di home race. Seperti diketahui, Dicky Ersa merupakan pembalap kelahiran Kalimantan Tengah. (budsan)  

  

  

 

  

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!